Home Berita PLN Lakukan Pemboran di Lantamal Tanjung Pasir 

PLN Lakukan Pemboran di Lantamal Tanjung Pasir 

0

Dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik kepulauan seribu, dan penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan di DKI Jakarta, PT PLN (Persero) melakukan pemboran pertama (First Boring) di lahan milik Lantamal Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Rabu (17/7/2019).

Guna mendukung implementasi program tersebut, PT PLN (Persero) bekerjasama Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tentang Penyediaan Infrastruktur Ketenagalistrikan di Wilayah Provinsi DKI Jakarta, dengan menandatangani Nota Kesepahaman yang dilakukan pihak PLN.

“Sebenarnya kita sudah punya satu kabel jalur laut dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung Jawa, sebagai alternatif perkuat sistem kalau ada kabel yang rusak, supaya listrik tidak padam disana, maka kita gelar lagi satu jalur dari titik yang sama,” kata Senior Manager Kontruksi PT PLN, Muhamad Arief Mudhari.

Menurut Arief, pihaknya melakukan pemboran dilahan milik TNI AL Tanjung Pasir, karena memiliki jalur terdekat dengan kepulauan seribu. Maka dari itu PLN lebih memilih daerah tersebut, untuk melakukan pemasangan kabel besar alternatif lewat jalur bawah tanah untuk jalur kepulauan seribu DKI Jakarta.

“Kebetulan titik terdekatnya dilokasi lantamal ini jalur Kepulauan Seribu, untuk pakai lahan ini kita kerjasama dengan lantamal, kita bangun gardu dan gelar kabel baru ambil daya digardu Teluknaga dengan tegangan 20.000 volt, kapasitas hampir 20 mega, untuk kepulauan seribu,” terangnya.

Arief mengatakan, pemasangan kabel bawah tanah jalur kepulauan seribu sudah dua kali dilaksanakan, akan tetapi untuk pengerjaan yang pertama adalah bukan program PLN sendiri. Namun pemasangan instalasi yang kedua kali ini, ia mengaku bahwa jalur bawah tanah yang saat ini sedang dikerjakan adalah program PLN sendiri.

“Sebenarnya yang pertama itu program Pemerintah Provinsi Jakarta yang kami kerjakan sekitar tahun 2002 yang lalu, tapi kalau yang sekarang ini kami kerjakan milik PLN, karena sekarang untuk pemasangan listrik di Kepulauan Seribu pengolahannya diambil alih PLN,” ucapnya.

Selain itu, Arief menginginkan adanya pemasangan kabel yang baru, keadaan penerangan di wilayah Kepulauan Seribu DKI Jakarta semakin membaik, dan bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, serta lingkungan pantai Kepulauan Seribu.

“Semoga dengan kita gelar satu kabel lagi ini kehandalannya makin baik, kafasitasnya juga lebih bagus lagi, sehingga kebutuhan penerangan di Kepulauan Seribu bisa terpenuhi, termasuk tempat pariwisata disana,” harapnya.(Sam)