Home Bandara Kabut Asap, Penerbangan Rute Bandara Soetta – Tarakan Divert ke Makassar

Kabut Asap, Penerbangan Rute Bandara Soetta – Tarakan Divert ke Makassar

0

Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan dikabarkan semakin parah. Bahkan asap yang ditimbulkan kebakaran hutan itu mulai mengganggu aktivitas penerbangan.

Sejumlah penerbangan dari dan menuju Kalimantan terpaksa ditunda bahkan ada penerbangan yang terpaksa dilakukan pengalihan pendaratan (divert). Diantaranya dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sejumlah penerbangan Lion Air Group dari dan menuju Kalimantan mengalami keterlambatan (delay), divert bahkan dilakukan pembatalan penerbangan (cancel) akibat kabut asap.

“Keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog atau smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah,” kata Danang saat dihubungi tangerangonline.id, Sabtu (14/9/2019).

“Dampak yang timbul dari keputusan tersebut berpotensi mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya,” lanjutnya.

Danang merinci, hari ini terdapat 2 penerbangan rute Bandara Soetta ke Kalimantan yang divert ke bandara lain.

“Lion Air JT-626 rute Bandara Soetta-Tarakan divert Balikpapan dan penerbangan Batik Air ID-6258 rute Bandara Soetta-Samarinda divert Makassar,” ungkap Danang.

Selain kedua penerbangan tersebut, Lion Air rute Surabaya -Samarinda juga mengalami hal yang sama. Ada yang di-divert ke Balikpapan yakni JT-314 dan JT-666 di-divert ke Makassar.

Menurut Danang, kondisi penerbangan tersebut disebabkan karena jarak pandang yang pendek (visibility below minimum) di Bandara tujuan.

“Karena visibility below minimum dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan. Tapi saat ini sudah mulai berangsur membaik,” tandasnya. (Rmt)