Beranda Berita Siang Ini Jokowi dan KH Ma’ruf Amin Dilantik

Siang Ini Jokowi dan KH Ma’ruf Amin Dilantik

0

Minggu siang, 20 Oktober 2019, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin.

Menurut jadwal rencananya pelantikan akan dimulai pukul 13.00 WIB anggota MPR dan tamu-tamu undangan hadir ke kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Menyusul kemudian para mantan Presiden hadir pada 13.58 WIB, lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir pada 14.02 WIB, Ma’ruf Amin pada 14.06 WIB, terakhir Jokowi hadir 14.10 WIB.

Data Sekjen DPR RI menyebutkan, pada pukul 14.20 WIB dijadwalkan Presiden, Wakil Presiden, Wakil Presiden terpilih, mantan Presiden, serta pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna. Pada 14.36 WIB Ketua MPR akan membuka sidang paripura MPR, kemudian dilakukan pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum soal hasil Pemilihan Presiden 2019.

Usai pembacaan hasil keputusan KPU, akan dilakukan pengambilan sumpah Presiden, diteruskan dengan pengambilan sumpah wakil presiden. Setelah pengambilan sumpah, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan, lalu menyerahkannya.

Di sela penyerahan berita acara ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan bergantian tempat duduk dengan Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin sebagai simbol serah terima jabatan. Posisi JK dan Ma’ruf sendiri selama pelantikan duduk berdampingan di sebelah kiri panggung. Sedangkan Jokowi di sebelah kanan panggung.

Setelah sidang dilanjutkan oleh pimpinan MPR, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertama di periode keduanya. Sidang paripurna pelantikan Presiden-Wakil Presiden diperkirakan akan selesai pada 15.45 WIB, setelah pembacaan doa, dan penutupan sidang oleh Ketua MPR.

Menurut informasi, tak hanya tamu undangan dari dalam negeri yang akan menghadiri pelantikan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin.

Sejumlah kepala negara dan atau perwakilan juga dijadwalkan hadir, mereka di antaranya Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Wakil Presiden Republik Rakyat China Wang Qishan, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio,Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh,Deputi Perdana Menteri Thailand Wissanu Krea-ngam,Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat Hon. Elaine L. Chao, Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan Mabarak Al Nahyan, Utusan Khusus Kaisar Jepang dan masih banyak lagi.

Untuk pendukung tamu negara, Sekretariat Negara telah menyiapkan kendaraan seperti Toyota Alphrad 18 unit, Toyota Camry 9 unit, dan Toyota Fortuner sebanyak 27 unit.

Total ada 72 mobil yang dipersiapkan sebagai kendaraan bagi tamu negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. (MRZ)