Home Berita Dindik Kota Tangerang: Tidak Ada Penyelewengan Dana BOS & BOP di SMP...

Dindik Kota Tangerang: Tidak Ada Penyelewengan Dana BOS & BOP di SMP Arrahman

0

Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menyelediki dugaan penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di SMP Arrahman, Kota Tangerang.

Kabid Pembinaan SMP Dindik Kota Tangerang, Eni Nurhaeni mengatakan, pihaknya telah memediasi pihak Yayasan SMP Arrahman terkait kasus pemecatan Kepala SMP Arrahman Yudiati yang disinyalir gegara anggaran pemerintah itu.

Menurut Eni, berdasarkan hasil pertemuan serta penyelidikan, pihaknya tidak menemukan adanya penyelewengan anggaran dari pemerintah di sekolah swasta itu.

“Karena laporan dana BOS dan BOP di Arrahman ke Dindik lancar, tidak masalah. Peruntukkan juga sesuai,” ujarnya Eni, Rabu (23/10/2019).

Dirinya menjelaskan, penerimaan dan penggunaan teknis dana BOS dan BOP oleh pihak Arrahman sesuai dengan prosedur. Pelaporan pelaksanaan dana BOS dan BOP yang dilakukan pihak Arrahman kepada Dindik pun sudah sesuai.

“Yang jelas yang kami dalami adalah soal dugaan penyelewengan. Tapi tidak ada karena laporan lancar setiap tiga bulan sekali,” jelasnya.

Eni menambahkan bahwa dalam kasus tersebut, Dindik hanya mendalami penggunaan dana BOS dan BOP di SMP Arrahman. Menurutnya, Dindik tidak memiliki kewenangan terkait pemecatan Yudiati sebagai Kepsek.

“Kalau masalah pemberhentian kepsek ini hak yayasan. Kami tidak ikut campur, tidak ada wewenang. Kami juga tidak mau tahu soal penggantian atau siapapun yang menjadi kepsek di yayasan itu,” terangnya.

Sebelumnya, Yudiati, Kepala SMP Arrahman di Neglasari, Kota Tangerang dipecat oleh yayasannya gegara program keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

“Saya sebagai kepala sekolah berhak mengawasi dana BOS dan BOP karena harus transparansi. Dana untuk apa saja penggunaannya kan itu tugas kepala sekolah. Tapi saya ini tidak diperbolehkan mengawasi itu,” ujar Yudiati. (Rmt)