Home Berita BKPSDM Kota Tangerang Gembleng Guru Bimbingan Konseling

BKPSDM Kota Tangerang Gembleng Guru Bimbingan Konseling

0

Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang berikan pelatihan khusus bagi guru Bimbingan Konseling. Pelatihan yang dilakukan dengan penguatan kompetensi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas.

Guna menciptakan keberhasilan dalam proses belajar mengajar di sekolah, BKPSDM terus menggenjot kualitas guru yang ada di Kota Tangerang. Tak terkecuali guru BK, meskipun mereka tidak masuk dalam proses belajar mengajar, peranan mereka di sekolah sangatlah penting dalam pembinaan.

Kepala BKPSDM Kota Tangerang Drs. H Akhmad Lutfi mengatakan pihaknya melakukan bimbingan ini dengan maksud dan tujuan mensukseskan pendidikan yang berkualitas.

“Pentingnya pembaharuan dan penguatan kompetensi semua guru mata pelajaran termasuk juga guru Bimbingan Konseling. Itu tujuan kita adakan kegiatan ini,” kata dia saat disambangi Satelit News.

Dia mengaku selain itu, BKPSDM juga berupaya terus menerus meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru. Saya berharap nantinya proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Kemudian kami juga mendorong tercapainya tujuan pendidikan, Meskipun tidak masuk ke dalam kelas untuk memberi materi pelajaran kepada siswa dalam proses pembelajaran, guru Bimbingan Konseling memiliki posisi yang strategis dalam proses pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan (sekolah),” kata dia.

Pasalnya menurut Luthfi, guru BK bertugas membimbing dan memberikan masukan kepada siswa berkaitan dengan masalah yang tentang dengan pendidikan yang sedang. Sehingga kata dia, akan ditempuh siswa dan memberi masukan berbagai masalah pribadi yang dihadapi siswa agar kondisi psikologis siswa stabil dalam mengikuti pembelajaran.

“Ini juga tentunya guna memaksimalkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah,” kata dia.

Dia mengaku Guru BK juga bertugas untuk membantu para siswa memahami diri mereka sendiri sehingga mereka dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki secara maksimal.

“Karena disini juga sangat diperlukan penguatan dan pembaharuan kompetensi Guru Bimbingan Konseling berkaitan dengan Layanan Konseling kepada siswa, sehingga guru BK dapat bersinergi dengan Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran,” jelasnya.

Selain itu Kepala BKPSDM juga mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya bertekad untuk membentuk suasana belajar yang kondusif bagi siswa guna memaksimalkan hasil proses pembelajaran.

“Tentunya tujuan utamanya yakni memperbaharui dan menguatkan kompetensi Layanan Konseling Guru Bimbingan Konseling,” jelas dia.

Selain itu, tambah dia, juga diharapkan dapat menguatkan keterampilan Layanan Konseling Guru Bimbingan Konseling.

“Kemudian menyamakan persepsi dan Langkag pelayanan Konseling guru Bimbingan Konseling jenjang Sekolah Menengah Pertama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ucapnya.

Tidak lupa pula, kata dia, BKPSDM juga bertujuan untuk menguatkan motivasi bagi Guru Bimbingan Konseling dalam pelayanan Konseling kepada siswa.

“Kami juga melakukan itu untuk membentuk profesionalisme guru Bimbingan Konseling jenjang SMP di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang,” ujarnya.

Sekedar diketahui dalam hal ini BKPSDM memberikan sarana pada guru BK dengan menyasar pada 30 orang guru BK jenjang SMP yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang ada di linkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Sementara itu plaihan ini dilakukann selama 5 (lima) hari dari tanggal 4 sampai 8 November 2019, bertempat di PPPPTK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling, Parung – Lebak Wangi – Bogor – Jawa Barat. (Rmt)