Home Bandara Jelang Libur Nataru, KKP Perketat Pengawasan Kesehatan Penumpang di Bandara Soetta

Jelang Libur Nataru, KKP Perketat Pengawasan Kesehatan Penumpang di Bandara Soetta

0
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, dr Anas Ma'ruf.

Menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta memperketat pengawasan dan pelayanan kesehatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, dr Anas Ma’ruf. Dia menyebut, pihaknya akan menggandeng, rumah sakit, klinik di sekitar Bandara Soetta serta stakeholder.

“Khusus bidang kesehatan, KKP Bandara Soetta sudah menggelar rapat koordinasi, yang diundang adalah rumah sakit, klinik sekitar Bandara Soetta dan stakeholder. Kita siap melakukan layanan kesehatan,” kata Anas di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (10/12/2019).

Memasuki libur nataru, jumlah penumpang diprediksi meningkat di Bandara Soetta. KKP akan menempatkan sejumlah pos kesehatan di Terminal 1, 2, dan 3 yang akan diisi oleh dokter, perawat dan petugas lainnya.

Adapun pos pelayanan kesehatan di setiap terminal tersebut akan mulai beroperasi mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 mendatang.

“Ada 14 pos yang akan kita siapkan untuk pelayanan publik dalam rangka arus mudik, balik, Natal dan Tahun Baru 2020,” ujar Anas.

Pihaknya akan menerjunkan kurang lebih 100 petugas untuk melayani pengguna jasa Bandara di pos kesehatan pada Natal dan Tahun Baru 2020. Setiap pos kesehatan akan ditempat satu orang dokter, dua perawat dan petugas lainnya.

“Totalnya itu hampir 100 orang, kami bertugas 24 jam di masing-masing titik (pos), diupayakan minimal dua orang setiap titik. Ada yang empat dan lima tergantung tingkat keramaian pos masing,” tutur Anas. (Rmt)