Home Berita Rakernisops TNI AU 2019, Kasau: Jangan Terjebak di Zona Nyaman

Rakernisops TNI AU 2019, Kasau: Jangan Terjebak di Zona Nyaman

0

Rapat Kerja Teknis Operasi (Rakernisops) TNI Angkatan Udara, diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, namun setiap peserta rapat tidak boleh terjebak dalam zona nyaman (comfort zone) dan menganggap rapat ini sebagai business as usual, sehingga menenggelamkan kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan setiap permasalahan dan hambatan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, saat pembukaan Rakernisops TNI Angkatan Udara TA. 2019 di Gedung Serbaguna Soeharnoko Harbani Mabesau Cilangkap Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Kasau menambahkan, kegiatan operasi dan latihan TNI Angkatan Udara selama satu tahun ke depan berada di tangan seluruh peserta rapat dan tentunya dalam kurun waktu satu tahun ke depan sangatlah krusial dalam menentukan masa depan Swa Bhuwana Paksa.

“Tidak ada satu pun operasi militer yang tidak didukung oleh kemampuan siber, baik alutsista militer, sistem komando dan kendali, jalur komunikasi, sensor intelijen, maupun fungsi pengolahan, dan diseminasi, semuanya memiliki komponen siber,” ujar Kasau mengutip pernyataan mantan Panglima Komando Ruang Angkasa Angkatan Udara Amerika Serikat, General Shelton.

Lebih lanjut Kasau berharap, rapat ini juga menjadi sarana untuk mengintegrasikan kemampuan siber lebih dalam pada setiap operasi dan latihan TNI Angkatan Udara, sebagaimana angkatan udara di belahan dunia lain telah melaksanakannya dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi ancaman masa depan yang bersifat unpredictable dan unprecedented.

Seusai membuka Rakernisops, Kasau berkesempatan menyaksikan hasil proses perbaikan peralatan x-ray Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang rusak dan diperbaiki oleh Satuan Pemeliharaan (Sathar) 23 Depo Pemeliharaan (Depohar) 20 Koharmatau.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Dankodiklatau, Dankorpaskhasau, Dankoharmatau, para Kadis dan pejabat Mabesau lainnya.(MRZ)