Home Index Bawaslu Tangsel Siap Terima Laporan 24 Jam

Bawaslu Tangsel Siap Terima Laporan 24 Jam

0

Tahapan pilkada sejak Novemer 2019 dimulai. Mulai dari tahapan perekrutan panwascam sampai dengan sosialisasi kepada kelompok masyarakat. Untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya Pilkada 2020 ini.

Ketua Bawaslu Kota Tangeran Selatan, Muhamad Acep menjelaskan bahwa dalam pilkada kali ini, Bawaslu menggunakan UU 10 tahun 2016 tentang pelaksanaan Pemliu Kepada Daerah di seleuruh Indonesia.

Salah satu yang dilakukan sesuai dengan amanat tersebut adalah, menerima laporan selama 1×24 jam dalam satu hari. Sehingga kapanpun masyarakat akan melaporkan terkait dengan pengawasan terhadap tahapan pilkada maka bisa dilaporkan kapanpun.

”Sesuai amant UU 10 tahun 2016. Dimana hari, dalam pelaksanaan pilkada 2020 adalah hari kalender,” ujar Acep di kantornya.

Dia menambahkan untuk mengantisipasi laporan yang disampaikan masyarakat maka Bawaslu akan dibuka 1×24 jam. Dengan begitu seluruh staf akan mendapatkan tugas piket sebagai peneriman laporan.

”Jadi masyarakat, akan bertemu dengan petugas penerima laporan yang sudah kami siapkan di kantor. Jadi tidak perlu khawatir tidak dilayani,” ujar Acep.

Sementara Kordiv Penindakan Pelanggaran memastikan bahwa petugas piket nantinya akan dilengkapi pengetahuan apa saja persyaratan yang harus dilengkapi oleh masyarakat pada saat melakukan pelaporan.

Adapun setiap laporan memiliki durasi yang sama. Yaitu, setiap kali ditemukan pelanggaran maka bisa dilaporkan maksimal tujuh hari (hari kalender) setelahnya. ”Jadi, jika ditemukan pada tanggal 1 Januari, maka batas pelaporannya hanya sampai tanggal 7 Januari, begitu,” ujar dia. (ris)