Home Bandara Menteri Pertanian Inspeksi Pengawasan Lalu Lintas Komoditi Pertanian di Bandara Soetta 

Menteri Pertanian Inspeksi Pengawasan Lalu Lintas Komoditi Pertanian di Bandara Soetta 

0

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan inspeksi pengawasan tindakan karantina berupa pemeriksaan pada lalu lintas hewan dan produknya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (3/2/2020).

Mentan melakukan inspeksi ke Bandara Soetta untuk memastikan pengawasan dan tindakan karantina terhadap media pembawa yang beresiko tinggi sebagai penular Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau virus  korona seperti anjing, kucing, rodentia, kelelawar dan unggas.

Mentan beserta rombongan melakukan pengecekan penanganan karantina dan pengawasan pemasukan kucing di Apron Terminal 3 Bandara Soetta.

Selanjutnya, Mentan memeriksa ruangan pelayanan dan pemeriksaan Karantina Pertanian di Terminal 3 Kedatangan Internasional.

Mentan juga sempat melihat fasilitas alat pemindai suhu tubuh (Thermal Scanner) penumpang dan ruangan penanganan Kesehatan Pelabuhan di Terminal 3.

“Mari kita bersama-sama, karena ini berkait dengan kepentingan bangsa ini, kepentingan rakyat, kepentingan Indonesia yang aman dari serangan virus. Semua sudah menyatakan ini sesuatu yang berbahaya, jadi kita tidak boleh lengah,” kata Mentan.

Menteri Syahrul menjelaskan, berbagai hal yang berkaitan dengan hewan, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan lain sebagainya merupakan tanggung jawab Balai Karantina. Namun, stakeholder dan komunitas lainnya harus mendukung.

“Seluruh stakeholder, TNI-Polri akan sama-sama kita untuk menjaga negeri ini. Oleh karena itu petunjuk saya kepada jajaran Balai karantina yang ada adalah harus maju 3 langkah ke depan. Prosedur sudah jelas, jadi tidak boleh kecolongan,” tegas Mentan. (Rmt)