Beranda Index Kronologis Lengkap Pengungkapan Penyelundupan Sabu Jaringan Medan oleh Polres Bandara Soetta

Kronologis Lengkap Pengungkapan Penyelundupan Sabu Jaringan Medan oleh Polres Bandara Soetta

0

Satresnarkoba Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta membongkar praktik penyelundupan narkotika jenis sabu lewat penerbangan domestik melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Dalam kasus kali ini, Polisi mengamankan sebanyak 7 tersangka yang terlibat dalam penyelundupan narkotika jaringan antar provinsi tersebut di dekat Bandara Soetta.

Tidak tanggung-tanggung, dari tangan ketujuh tersangka yang mayoritas merupakan warga Aceh ini, Polisi mengamankan 42 bungkus kristal bening yang diduga merupakan narkotika jenis Sabu dengan total seberat kurang lebih 4 kilogram.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengungkapan, pihaknya mendapat informasi bahwa akan ada penyelundupan narkotika ke Jakarta melalui Bandara Soetta pada Sabtu (15/2).

“Dari info tersebut kita melakukan penyelidikan. Diperoleh bahan keterangan bahwa terdapat enam orang warga asal Aceh mendarat di Bandara Soetta,” kata Kombes Pol Adi di Polresta Bandara Soetta, Tangerang, Senin (17/2/2020).

Tim khusus yang dikomandoi oleh Kasat Resnarkoba Polres Bandara Soetta Kompol Mirzal Maulana dan Kanit 2 Iptu Joko Edi langsung bergerak.

Benar saja, pada Minggu (16/2) sebanyak 6 kurir berinisial MK, FS, MS, AF, AI, ZS diamankan di sebuah hotel dekat Bandara Soetta.

Bahkan MK dan FS terpaksa dihadiahi timah panas di bagian kaki lantaran melawan dan mencoba melarikan diri saat akan ditangkap oleh Polisi.

“Setelah diamankan, baru diketahui modus operandi keenam kurir ini membawa narkotika jenis sabu, yakni dengan menyimpan narkoba di dalam sepatu yang dikenakan oleh para tersangka. Sabu ini dibawa dari Aceh menggunakan maskapai penerbangan domestik,” ungkap Adi.

Tidak sampai disitu, Polisi pun melakukan pengembangan dan mencari siapa yang akan menerima barang haram tersebut.

Tak berselang lama, tim Satresnarkoba Polres Bandara Soetta kembali mengamankan seorang pria berinisial SMS di pinggir Tol Dadap. SMS merupakan si penerima Narkotika dari 6 kurir tersebut.

Kepada Polisi, para tersangka mengaku mendapat perintah dari pengendali inisial AK (dpo) di Medan Sumut. Mereka juga mengaku telah 5 kali berhasil menyelundupkan Sabu ke Jakarta.

“Mereka telah 5 kali lolos, untuk yang keenam kalinya terakhir dia tertangkap oleh anggota Satresarkoba Bandara Soekarno-Hatta. Ini menjadikan temuan yang cukup signifikan karena jumlahnya kurang lebih 4 kilogram dengan modus dimasukkan dalam sepatu,” tutur Kapolres.

Dari para tersangka, Polisi mengamankan 9 buah telepon genggam berbagai merek dan 6 pasang sepatu yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengelabui petugas.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, seluruh tersangka dijebloskan ke sel tahanan Polres Bandara Soetta. Mereka juga diancam dengan Pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika juncto pasal 55 ayat 1 KUHPidana ancaman 15 tahun, seumur hidup dan hukuman mati. (Rmt)