Home Berita Jangan Buang Sampah Sembarangan! Ada Relawan Patroli Sampah

Jangan Buang Sampah Sembarangan! Ada Relawan Patroli Sampah

0

Dalam rangka HUT ke-27 Kota Tangerang dan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang bersama Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Foundation menggelar kegiatan Aksi Lingkungan Hidup di Riverfront Edu Center Banksasuci, Jalan Taman Cisadane, Gang Muara Buntu, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Jum’at (21/02/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota dan Wakil Walikota Tangerang, Kapolres Metro Tangerang Kota, Dandim 0506/Tgr, Para Kepala OPD, Camat dan Lurah Se-Kota Tangerang.

Dalam sambutannya Walikota Tangerang berharap masyarakat turut andil dalam pengelolaan sampah.

“Dalam menangani sampah adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah tapi juga butuh peran serta masyarakat,” ujar Arief.

Walikota juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, setidaknya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Yuk kita jaga kebersihan lingkungan kita, seperti apa yang telah dilakukan Banksasuci, ga usah jauh-jauh outbound keluar kota, disini juga udah kayak di puncak,” pungkas Walikota.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Tangerang juga mengukuhkan relawan Patroli Sampah binaan Banksasuci.

Menurut Ketua Banksasuci, Ade Yunus Relawan sampah terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki kepedulian pada lingkungan hidup.

“Peranya selain mengedukasi masyarakat, mensosialisasikan Perda Nomor 3 Tahun 2009, juga mendokumentasikan dan melaporkan masyarakat yang suka buang sampah sembarangan agar dikenakan sanksi,” jelas pria dengan sapaan akrab kang Ade.

Ade menambahkan bahwa dalam Perda nomor 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Sampah, bahwa masyarakat yang buang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi.

“Sanksi jelas disebutkan 3 Bulan Kurungan dan Denda 50 Juta Rupiah,” tukasnya. (Amd)