Home Berita Kanwil Kemenkumham Banten Sebut WNA Tanpa Dokumen Masuk Dari Bandara Soetta

Kanwil Kemenkumham Banten Sebut WNA Tanpa Dokumen Masuk Dari Bandara Soetta

0

Sebanyak 10 Warga Negara Asing (WNA) tanpa dokumen jelas berhasil diamankan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Senin (24/02/2020).

10 WNA asal Nigeria tanpa dokumen jelas tersebut diamankan Imigrasi Tangerang di dua tempat berbeda yakni di perumahan Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang dan Palem Ganda Asri Karang Tengah, Kota Tangerang.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Banten, Imam Sayudi, 10 WNA yang diamankan bisa masuk ke Indonesia khususnya ke daerah Tangerang melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

“Mereka masuk lewat Bandra Soekarno Hatta, Id hanya formal nama dan warga negara sudah kita dapatkan. Tapi paspor dan dokumentasi keimigrasian tidak ada jadi kita amankan,” terang Imam saat konferensi pers bersama awak media di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna, Sukasari, Kota Tangerang.

Imam mengatakan, sebelumnya ada sebanyak 14 WNA yang diamankan. Namun, 4 WNA bisa menunjukkan dokumen jelas dan langsung dilepaskan oleh Imigrasi Tangerang.

“Mereka yang bisa menunjukkan dokumen jelas seperti Kartu Ijin Tinggal Terbatas (Kitas) langsung dilepaskan, Namum yang tidak memiliki dokumen jelas kami tahan untuk proses penyelidikan lanjutan,” ujarnya.

Imam menambahkan, seluruh WNA tersebut saat ini masih diamankan pihak Imigrasi Tangerang untu proses pendalaman. “Indikasi cyber crime masih dalam penyelidikan, nantinya dari penangkapan dan barang bukti (barbuk) akan dikomunikasikan kepada polisi untuk mengecek barang – barang mereka yang kami amankan,” tuturnya

“Yah seperti laptop dan hp apakah ada idnikasi pelanggaran hukum kriminal yang mereka lakukan nanti akan terjawab setelah pendalaman,” imbuhnya. (Amd)