Home Berita RSDP Serang Belum Dapat Pastikan Adanya Pasien Terjangkit Corona

RSDP Serang Belum Dapat Pastikan Adanya Pasien Terjangkit Corona

0

SERANG.-Terkait adamya vidio dan pemberitaan yang tersebar tentang adanya pasien yang terjangkit virus Corona COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drajat Prawiranegara Serang, pihak rumah sakit angkat bicara.

“Terkait vidio yang beredar tersebut bisa dipastikan memang ada di RSDP serang vidionya. Dan terkait ada atau tidaknya pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19 sampai detik ini kita masih melakukan pemeriksaan pemeriksaan belum bisa memastikan bahwa pasien tersebut Encof atau tidak, yang pasti bahwa karna prosedur tetap itu, maka pasien tersebut di masukkan dalam katagori enfeksius. saat ini kita masih lakukan pemeriksaan,” kata Humas RSDP Serang Dr. Anam pada awak media, Selasa, 03/02/2020.

Anam juga menjelaskan, untuk memastikan seseorang terkena virus tersebut, maka harus dilakukan pemeriksaan Rill Time Visiar untuk menemukan virus Corona yang dimaksud, dan dirinya mengaku
telah mellihat langsung pasien dan telah dilakukan pemeriksaan pemeriksaan langsung untuk memastikan penyakit apa yang ada di derita oleh pasien.

“Seperti yang saya katakan, kalau pasien pasien expeksius seperti Divteri, Smars, Sars, dan penyakit yangvsedang ramai saat ini Corona COVID-19, bahwa prosedur tetap sesuai spo itu seperti dalam vidio itu, kemudian setelah penanganan seperti itu, kemudian pasien dibawa keruang isolasi. Dan kita berikan disinfektan, dan itu tidak hanya untuk Encof saja tetapi untuk penyakit penyakit infeksius lainnya juga seperti divteri dan smas perlakukaan nya sama, karna kalau melihat perjalanan dari luar negerinya itu pasien dicurigai, maka jika dicurigai itu masuk dalam pengawasan, sesiai dengan jutlak menkes.
“Ungkapnya.

Jadi, terang Anam, untuk kondisi pasien yang ada saat ini belum hisa di pastikan, karna masih harus lakukan pemeriksaan Lab dirumah sakit rujukan nanti di Rumah Sakit Suryadi Suroso, sesuai arahan dari Kemenkes, nanti disana dilakukan pemeriksaan Lab, nanti setelah hasilnya ada, baru bisa dipastikan bahwa ini kasus Copit 19 atau bukan.

“Kita blom bisa prediksi pasien tersebut penyakitnya apa, harus kita lakukan pemeiksaan pemeriksaan terlebih dahulu dengan tahapan tahapan yang ada, untuk pasien yang sedang kita tangani dan sempat viral ini keluhannnya sama dengan Flu biasa yah, biasa, ada batuk, pilek, sesak nafas, dan demam,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drajat Prawira Negara Dokter Rachmat Setiadi, menambahkan, terkait pernyatan dari pihak keluarga yang menyatakan bahwa pasien tersebut menderita penyakit paru, hal tersebut belum dapat dipastikan.

“Saat ini, kita fokus ke penyakit yang sedang mewabah tampa melihat penyakit sebelumnya, kita tetap harus awas terhadap penyakit ini supaya kita tidak kecolongan dan menjadi sumber pengeluaran yang baru, mengenai hasilnya itu, kita tidak tau mudah mudahan bukan, namun misalkan itu iyah, setidaknya kita telah lakukan penangaman sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh mentri kesehatan.” Tambahnya.