Home Berita Pemkab Gelontorkan Rp 40 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Pemkab Gelontorkan Rp 40 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

0

Setelah Bupati Tangerang, Zaki Iskandar menetapkan Kabupaten Tangerang sebagai daerah tanggap darurat bencana wabah penyakit COVID-19, pihaknya juga menetapkan bahwa biaya yang diperlukan untuk tanggap darurat bencana wabah Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal tersebut sudah tertuang dalam SK tertanggal 23 Maret 2020 dan memutuskan hal yang berkaitan dengan darurat bencana tersebut.

“Anggarannya dari APBD yah, dan sumber-sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya, Kamis (26/03/2020).

Ia memperkirakan alokasi anggaran untuk penanganan wabah virus Corona di Kabupaten Tangerang totalnya sekitar Rp30-40 miliar.

“Antara Rp 30- Rp 40 miliar maksimum APBD yang mungkin bisa dialokasikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Muhammad Hidayat menjelaskan bahwa dana yang disiapkan berasal dari anggaran Dinas Kesehatan.

“Selain berasal dari anggaran pada Dinas Kesehatan, RSUD dan BPBD. Juga berasal dari dana tak terduga yang sudah disiapkan sebesar Rp10 miliar,” jelasnya.

Sedangkan, Biaya Tidak Terduga (BTT) yang berasal dari APBD Kabupaten Tangerang tahun 2020 ini, sengaja disiapkan untuk bantuan bencana dalam kondisi darurat.

“Kemungkinan kita menggeser alokasi anggaran yang dinilai kurang prioritas untuk dialihkan dana penanganan Covid-19,” ucapnya.

Kendati demikian, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Tangerang tahun 2020 akan ada perubahan dan besaran anggaran yang dibutuhkan secara pasti masih berubah, tentu akan mengikuti perkembangan kebutuhan. (Ais)