Home Berita Warga Kalbar di Tangerang Bagikan Bilik Sterilisasi

Warga Kalbar di Tangerang Bagikan Bilik Sterilisasi

0

Perhimpunan Tionghoa Kalimantan Barat (PTK) Indonesia, bersama Perhimpunan Warga Kalimantan Barat Tangarang (Perwakabta), bersatu mengantisipasi penyebaran virus covid – 19. Dengan memberikan bantuan alat pembersih diri (Antiseptik) sesuai standar WHO.

Acara hari ini dilakukan di pondok pesantren Al-istiqlaliyah Cilongok Desa Sukamantri, Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang. Selasa (31/3/2020).

Ketua Umum Perwakabta Tangerang, Riyan Aghata mengatakan, pihaknya memberikan bantuan alat pembersih diri disinfektan spray untuk memutus tali rantai penyebaran Covid-19.

“Pelaksanaan ini kita bagikan alat pembersih diri sudah dipasang 10 titik, diantaranya Puskesmas Cikupa, Puskesmas Pasir Jaya, Pos Polisi Binong, Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah Cilongok, Masjid Jami Baitul Hikmah Kota Tangerang dan kantor Polresta Tangerang,” ucap Ketua Bidang Perhimpunan Tionghoa Kalimantan Barat Indonesia.

Disinfektan merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk proses dekontaminasi yang membunuh mikroorganisme, yakni virus dan bakteri, pada permukaan benda mati, seperti lantai, meja, peralatan medis, dan benda lain yang sering disentuh.

Ketua Bidang Sosial Wandri menjelaskan, Penggunaan cairan disinfektan dilakukan spesifik pada lokasi dan benda-benda, seperti lantai, kursi, meja, gagang pintu, tombol lift, tangga jalan (eskalator), mesin anjungan tunai mandiri (ATM), etalase, dan wastafel.

“Setelah menyemprotkan disinfektan ke permukaan benda, sebaiknya satu menit kemudian dilakukan proses mengelap permukaan benda itu dengan menggunakan sarung tangan,” ujarnya.

Menurutnya, cairan disinfektan bisa membunuh virus pada permukaan benda-benda, tubuh, dan baju. Namun, penyemprotan disinfektan tidak akan melindungi diri dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit. “Jadi sifatnya adalah sementara,” ujarnya.(Sam)