Home Bandara Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Capai 41 Ribu per Hari

Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Capai 41 Ribu per Hari

0

Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) terus meningkat. Rata-rata pergerakan penumpang mencapai 41 ribu per hari.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta Febri Toga Simatupang.

“Pergerakan penumpang di angka kurang lebih 36.600 sampai 41.000 per hari yang kami layani di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Febri Toga kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (6/8/2020).

Sedangkan pergerakan pesawat di Bandara Soetta mencapai 450 per hari baik take off maupun landing. Jumlah tersebut masih sedikit bila dibandingkan dengan penerbangan normal sebelum wabah Covid-19 menjangkit Indonesia.

“Terkait dengan pergerakan pesawat yang ada di Bandara Soekarno-Hatta rata-rata masih di angka 35 persen apabila dibandingkan dengan penerbangan normal, kurang lebih 450 flight per hari,” ujar Febri.

Menurut Febri, waktu sibuk (peak hour) yang didominasi oleh penumpang keberangkatan dari Bandara Soetta terjadi di pagi hari.

“Waktu sibuk itu di jam 05.00 sampai jam 08.00 WIB. Tentu kita dalam pengoperasian dan pelayanan Bandara Soekarno-Hatta sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Diantaranya, kami bersama Gugus Tugas Udara terus mengawasi agar terciptanya physical distancing,” tutur Febri Toga.

Diketahui, saat ini seluruh penerbangan domestik hanya boleh mengangkut penumpang tidak lebih dari 70 persen dari jumlah seat yang tersedia. Hal ini sebagai upaya menerapkan physical distancing di dalam pesawat.

“Terkait dengan itu (tingkat keterisian) tentu kita ketahui bahwa okupansi 70 persen, hal tersebut wajib dipatuhi oleh teman-teman airline. Karena aturannya okupansinya adalah 70 persen,” tutur Febri Toga.

Pantauan tangerangonline.id di Terminal 2D dan 2E Bandara Soetta pada Kamis (6/8) petang, pergerakan penumpang didominasi oleh penumpang kedatangan.

(Rmt)