Home Bandara Simak Prosedur Check-in Melalui Bandara Soetta di Tengah Pandemi Covid-19

Simak Prosedur Check-in Melalui Bandara Soetta di Tengah Pandemi Covid-19

0
Konter Check-in Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Ditengah pandemi Covid-19 ini, pengawasan penumpang maupun pengunjung ditingkatkan di seluruh bandar udara. Tak terkecuali di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Proses check-in pun jauh berbeda dibanding dengan kondisi normal sebelum Covid-19 mewabah di Tanah Air.

Namun demikian, calon penumpang dapat melakukan check-in tanpa hambatan apabila telah melengkapi dan mengikuti ketentuan yang berlaku saat ini.

Apa saja yang harus diperhatikan saat akan bepergian melalui Bandara Soetta? Simak prosedur Check-in dibawah ini:

Pertama, siapkan Identitas Diri (KTP, SIM atau Paspor), Tiket, Surat Clearance atau hasil pemeriksaan Covid-19 dengan hasil Non-Reaktif dan SWAB/PCR dengan hasil negatif.

Kemudian, calon penumpang diminta tiba di Gedung Terminal minimal 3 atau 4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Mengapa? Karena saat ini ada tambahan persyaratan yang wajib dipenuhi calon penumpang, yakni melakukan validasi surat clearance oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta.

Titik layanan keberangkatan atau Posko pemeriksaan surat keterangan Rapid Test atau PCR dapat ditemui di Gate 3 dan Gate 4 Terminal 2. Sementara di Terminal 3, Posko validasi dapat ditemui di Gate 3.

Setelah melakukan validasi surat keterangan bebas Covid-19 atau surat clearance, bagi calon penumpang yang memiliki bagasi yang harus dilaporkan (tercatat) dapat menuju ke konter check-in.

Sedangkan bagi calon penumpang yang tidak perlu melaporkan barang bawaan (bagasi tercatat) dapat melakukan check-in secara mandiri melalui aplikasi Indonesia Airports atau mesin self check-in yang tersedia.

Bila sudah mendapatkan boarding pass, calon penumpang dapat menuju ke pemeriksaan selanjutnya yakni area Security Check Point (SCP) 2. Di sini, calon penumpang harus menunjukkan Identitas Diri, Boarding Pass dan Surat Clearance yang telah divalidasi.

Selanjutnya, calon penumpang dapat langsung menuju Boarding Lounge untuk menunggu waktu Keberangkatan.

Nah! Supaya tidak jenuh menunggu waktu keberangkatan di Boarding Lounge, unduh aplikasi e-HAC dan isi sesuai dengan identitas diri dan boarding pass anda.

Karena, e-HAC adalah salah satu syarat wajib supaya anda tidak tertahan saat tiba Bandara tujuan.

Selalu patuhi protokol kesehatan selama berada di gedung terminal dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak aman dengan orang lain minimal 1,5 meter atau menerapkan physical distancing. (Rmt)