Home News Update 5.000 Nakes Di Kabupaten Serang Siap Di Vaksin

5.000 Nakes Di Kabupaten Serang Siap Di Vaksin

0

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyatakan, 5000 Tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Serang siap di vaksin anti virus covid 19. Hal itu merupakan sesuai dengan intruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, dalam pemberian vaksin kepada Nakes belum memperoleh informasi produk vaksin yang digunakan. kemudian, anggaran yang disediakan untuk pemberian vaksin belum diinformasikan.

Sampai saat ini, pihaknya masih gencar mensosialisasikan pentingnya vaksin untuk nakes, khususnya di Kabupaten Serang.

“Sampai saat ini kita masih diintruksikan sosialisasi pentingnya vaksin kepada Nakes,” ungkap Agus melalui sambungan seluler, Senin (21/12).

Agus menjelaskan, Dinkes Kabupaten Serang juga diintruksikan untuk mendata sasaran tahap pertama yang diberikan vaksin. Mulai dari seluruh tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah, milik swasta maupun TNI – Polri.

“Data sementara berjumlah 5 ribu Nakes yang akan diberikan Vaksin,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, telah disediakan Fasilatas Yayasan Kesehatan (Fasyankes) yang memenuhi syarat. Mulai dari sarana hingga tenaga vaksinator terlatih.

“Kita juga sudah melakukan pelatihan pemberian vaksin dengan berbagai metode, termasuk webinar. Vaksin akan dilakukan di Fasyankes yang telah memenuhi syarat seperti sarana dan tenaga vaksinator terlatih,” kata Agus.

Agus menegaskan, untuk Nakes yang pernah terpapar covid-19 tidak bisa diberikan vaksin, hal itu untuk menjaga kestabilan kesehatan.

“Untuk waktunya tidak bisa diperkirakan, hingga keluar data kesehatan Nakes tersebut dapat dilakukan pemberian vaksin,” pungkasnya. (Smn)