Home Bandara Mobile Lab BSL2 Hadir di Bandara Soetta, PCR Test Hanya 8 Jam

Mobile Lab BSL2 Hadir di Bandara Soetta, PCR Test Hanya 8 Jam

0

Fasilitas tes COVID-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) semakin lengkap. Terbaru, Bandara dengan kode CGK itu kedatangan Bio Safety Level (BSL) 2.

Mobile Lab varian terbaru ini merupakan karya dan inovasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan ditempatkan di SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soetta.

Di mana, BSL varian 3 ini dilengkapi sejumlah fasilitas canggih, salah satunya dilengkapi dengan
High Efficiency Particulate Air (HEPA Filter) yang banyak digunakan di pesawat komersil.

Kepala BPPT, Hammam Riza menuturkan, bahwa BSL 2 varian ketiga ini merupakan yang pertama dioperasikan di Indonesia.

“Mobile lab varian ketiga ini baru dioperasikan di sini (Bandara Soekarno-Hatta),” kata Hammam di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (6/1/2021).

Menurut Hammam, bus yang didesain untuk tes Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) ini juga dapat melayani hingga 1.000 sample PCR Test dalam 24 jam.

“Dalam satu hari satu malam atau 24 jam bisa dilaksanakan 10 batch (1 batch sebanyak 94 spesimen). Jadi itu 940 spesimen dalam waktu 24 jam,” tutur Hammam.

Dia menjelaskan, fasilitas paling penting dari Mobile Lab BSL2 ini adalah waktu tunggu hingga memperoleh hasil PCR Test yang kurang dari 9 jam.

“Fasilitas yang penting adalah mulai dari proses pengambilan sample sampai mendapat hasilnya itu 8 jam. Jadi kalau tes pagi kita berharap nanti sore sudah dapet hasil. Ini saya kira penting bagi para penumpang yang harus berangkat dengan bukti fisik yang negatif,” tandas Hammam. (Rmt)