Home Berita Ini Desain Tugu Pamulang Yang Sesuai Kenyataan

Ini Desain Tugu Pamulang Yang Sesuai Kenyataan

0
Tugu Pamulang di Jalan Siliwangi, Kota Tangerang Selatan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten menunjukan desain Tugu Pamulang yang sebenarnya sesuai dengan kenyataan saat ini. Sebelumya dikabarkan, desain menyerupai menara masjid menjadi viral karena dianggap tak sesuai dengan bentuk kenyataannya.

Kepala Dinas PUPR Banten, M. Tranggono mengatakan, Tugu Pamulang yang saat ini berada tepat di Jalan Siliwangi, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memang sesuai desain yang direncanakan dan telah selesai pada tahun 2018.

”Betul itu di 2018 yang sudah dilaksanakan dan ini kegiatannya masuknya bagian dari perbaikan jalan,” kata Tranggono saat dihubungi via Whatsapp.

Desain yang sesuai dengan Tugu Pamulang saat ini di Jalan Siliwangi Kota Tangerang Selatan
Desain yang sesuai dengan Tugu Pamulang saat ini di Jalan Siliwangi Kota Tangerang Selatan

Ia menjelaskan, meski telah diselesaikan pembangunan Tugu Pamulang yang saat ini berdiri kokoh, namun masih saja terdapat penilaian masyarakat yang mempertanyakan makna bentuk dan keindahan dari Tugu Pamulang saat ini. Atas penilaian itu, pada 2019 PUPR akhirnya merespon dan mendesain lagi seperti menara masjid yang saat ini viral.

Kendati sudah didesain ulang, lanjut Tranggono, masih saja ada beberapa keinginan dari Tangsel untuk menambah item di lokasi Tugu Pamulang seperti adanya air mancur.

“Jadi kami itu sudah menganggarkan di tahun 2019 untuk penyempurnaan dengan desain itu (desain yang viral). Namun pada prinsipnya desain itu belum disepakati karena masih ada keinginan seperti air mancur. akhirnya anggaran itu tidak direalisasikan dari pada nanti mubajir,” urainya.

Desain Tugu Pamulang yang viral (masih dalam pembahasan)

Dia juga menyayangkan kabar viral terkait desain yang tak sesuai kenyataan. Padahal desain yang viral tersebut bukan untuk Tugu Pamulang saat ini melainkan masih dalam pembahasan.

Hal ini juga yang menjadi alasan Pemerintah Provinsi Banten kembali merevitalisasi dan dilakukan sayembara untuk desain baru Tugu Pamulang.

“Dengan adanya polimek ini, dari pada  nanti disangkanya kita tak tuntas lagi makanya pak gubernur berinisiatif untuk disayembarakan saja supaya ini bagian dari ekspresi dari masyarakat dengan catatan tidak merubah struktur utama,” ujarnya.

Tranggono juga menyebutkan, pelaksanaan revitalisasi Tugu Pamulang direncanakan pada perubahan tahun anggaran 2021. “Kita coba kita realisasikan di perubahan 2021 atau 2022 (anggaran murni), tapi rasanya mudahan mudahan di perubahan (2021) bisa kita anggarakan,” imbuhnya.

Ditanya soal kegiatan pengadaan proyek Tugu Pamulang 2018 yang tidak ada di LPSE Provinsi Banten, Ia mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan sub item dari kegiatan perbaikan jalan.

“Iya karena kan itu termasuk kegiatan jalan. nah disitu ada sub itemnya, penataan taman termasuk tanamannya dan tugu,” tandasnya. (red)