Home Bandara Kurir Sabu Jaringan Antar Pulau Diamankan Polisi Saat Transit di Bandara Soetta

Kurir Sabu Jaringan Antar Pulau Diamankan Polisi Saat Transit di Bandara Soetta

0

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengamankan seorang penumpang pesawat berinisial DS sesaat setelah mendarat di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

DS diamankan Polisi lantaran kedapatan menyelundupkan 500gram narkotika jenis Sabu dari Medan, Sumatera Utara.

Sedianya, barang haram tersebut akan dibawa dan diedarkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, saat transit di Bandara Soetta, DS diamankan Polisi.

Wakapolres Bandara Soetta, AKBP Yessi Kurniati mengatakan, penangkapan DS bermula dari laporan masyarakat terkait penyelundupan narkotika jenis Sabu.

“Dari laporan tersebut ditemukan salah satu penumpang yang mencurigakan, kemudian dilakukan penggeledahan yang kemudian didapati barang yang diduga narkotika jenis sabu yang disembunyikan di dalam sol sandal yang bersangkutan,” kata Yessi di Mapolresta Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (30/4/2021).

Yessi menuturkan, setelah dilakukan pemeriksaan yang mendalam, petugas menemukan benda yang dibungkus plastik bening di sol sandal milik pelaku. Benda tersebut adalah narkotika jenis Sabu dengan berat total 500gram.

“Modusnya dengan membawa barang haram yang diselipkan di sol sandal, masing-masing 250 gram. Kita baru amankan 1 orang sebagai kurir, yang memberikan perintah, masih kita lakukan penyidikan,” ungkapnya.

Kepada Polisi, DS mengaku telah 2 kali berhasil menyelundupkan Sabu dengan modus yang sama ke Lombok, NTB. Setiap berhasil menyelundupkan narkotika, DS mendapat upah Rp 25 juta.

“Ini kali ketiga, dua kali sebelumnya selalu lolos tidak diketahui. Ini jaringan pengedar narkoba antar pulau. Setiap berhasil membawa barang ini dijanjikan upah Rp 25juta,” ungkap Yessi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, DS ditahan di sel tahanan Mapolresta Bandara Soetta. Pelaku juga terancam penjara seumur hidup.

“(Pelaku) dikenakan Pasal 114 Subsider 112 dengan ancaman 6 tahun penjara atau maksimal seumur hidup,” tegas Kasat Res Narkoba Polresta Bandara Soetta, AKP Nasrandy.

7,3 Kg Sabu Dimusnahkan

Polresta Bandara Soetta memusnahkan sedikitnya 7,3 kilogram narkotika jenis Sabu.

Barang laknat tersebut merupakan barang bukti (bb) dari 4 kasus yang diungkap Sat Res Narkoba Polresta Bandara Soetta. Dengan total 4 tersangka, satu diantaranya meninggal dunia.

Sabu tersebut dimusnahkan dengan cara diblender dan dicampur bahan kimia dan kemudian dibuang ke dalam saluran air kotor.

“Sebelum kita musnahkan, kita lakukan uji laboratoriun forensik dan positif narkotika. Kemudian kita musnahkan dengan menggunakan cairan kimia untuk menghilangkan unsur narkotikanya,” kata AKP Nasrandy. (Rmt)