Home Berita Warga Desa Bayu Mundu dan Campaka Bangun Jalan Sepanjang 2 KM, Pemkab...

Warga Desa Bayu Mundu dan Campaka Bangun Jalan Sepanjang 2 KM, Pemkab Pandeglang Kemana Ya?

0

Warga Desa Bayu Mundu dan Desa Campaka, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang  bergotong-royong membangun jalan poros desa dengan cor beton secara swadaya. Pasalnya, sudah beberapa kali mengusulkan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Musyawarah Pembangunan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tidak kunjung terrealisasi.

Titik pembangunan jalan tersebut  dimulai dari Desa Kadu Bungbang sampai dengan ke Kampung Garokgek Desa Cempaka.

“Iyah kami atas nama warga masyarakat Desa Bayu Mundu dan Desa Campaka, Kecamatan Kadu Hejo, sedang melaksanakan pembangunan jalan poros desa sepajang kurang lebih 2 kilometer,” ungkap H.Rauf salah seorang tokoh masyarakat Desa Bayu Mundu kepada Tangerangonline.id saat ditemui di lokasi pembangunan tersebut, Rabu (16/02/2022).

Pembangunan jalan yang dilakukan secara swadaya akibat harapan warga yang pupus kepada Pemkab Pandeglang yang tak kunjung direalisasikan. Apalagi, Pemkab Pandeglang sendiri mempunyai program Jakamantul.

“Ini kami lakukan sebagai bentuk ke prihatinan kami sebagai masyarakat, yang telah berulang kali mengajukan proposal pembangunan jalan tersebut yang sudah rusak parah. Dan sebagai bahan yang perlu mendapat perhatian khusus dari Bupati Pandeglang yang sedang memprogramkan Jakamantul,” ungkapnya.

“Kami merasa desa kami bener di anak tirikan (bedakan) dibanding dengan desa lainya di Kabupaten Pandeglang. Padahal kami merasa sebagai masyarakat, pembayar pajak yang aktif.” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan H Abas yang juga tokoh masyarakat Desa Campaka dan Desa Bayu Mundu, mengaku prihatin dengan kondisi jalan ke wilayahnya rusak parah dan tidak pernah tersentuh pembangunan.

“Pengerasan awalpun sebelum jalan ini dicor oleh swadaya masyarakat, juga hasil swadaya murni masyarakat,” katanya.

Dijelaskan Abas, bahwa total keseluruhan jalan Poros Desa Bayu Mundu itu hanya 4200 meter. Ia berharap, Pemkab Pandeglang dapat melaksanakan program Jakamantul secara merata.

“Besar harapan kami, melalui swadaya yang kami laksanakan sekarang dapat mengetuk semua elemen pemerintah khususnya Bupati pandeglang, pimpinan DPRD Pandeglang, Komisi 3 DPRD pandeglang, serta Kadis PUPR Pandeglang,” tandasnya. (Den)