Home Berita Jelang Idul Adha, Pemkab Pandeglang Siapkan 10.592 Dosis Vaksin Tangkal PMK

Jelang Idul Adha, Pemkab Pandeglang Siapkan 10.592 Dosis Vaksin Tangkal PMK

0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pandeglang telah menyiapkan untuk vaksin dosis hewan ternak sekitar 10.592 untuk menangkal Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan sapi dan kerbau.

Untuk diketahui, populasi ternak rentan di Kabupaten Pandeglang terdiri dari sapi 926 ekor, kerbau 13.400 ekor kambing 225.410 ekor dan domba 209.000 ekor. Pihaknya telah mengusulkan kepada Pemerintah pusat sebanyak 10.592 dosis diutamakan untuk hewan ternak sapi dan kerbau.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang, Wahyu Widayanti mengatakan, dirinya telah mengusulkan ke Pemerintah Pusat sebanyak 10.592 dosis diutamakan terlebih dahulu untuk hewan ternak sapi dan kerbau, kemarin hari Senin (27/6) pihaknya baru menerima 100 dosis.

“Kami dari dinas sudah mengusulkan ke Pemerintah Pusat sebanyak 10.592 dosis diutamakan untuk hewan sapi sama kerbau. Kemarin hari Selasa 27 Juni kita baru diberi seratus dosis dari seribu seratus dosis di Provinsi Banten, untuk kambing dan domba untuk sementara ini Pemerintah Pusat masih utamakan sapi dan kerbau,” kata Wahyu Widayanti, saat diwawancarai Tangerangonline.id di kantor Distapang, Rabu (29/6/2022).

Ia menambahkan, untuk penyelenggaraan hewan kurban pihaknya telah menyusun tim pemeriksaan lapak hewan kurban Idul Adha, nantinya akan melakukan pemeriksaan lapak hewan kurban di 35 Kecamatan Kabupaten Pandeglang.

“Tahun ini penyelenggaraan hewan kurban, kami tim medik para medik dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang telah membentuk atau menyusun tim pemeriksaan lapak hewan kurban dan nantinya akan melakukan pemeriksaan di 35 Kecamatan Kabupaten Pandeglang,” tambahnya.

Penyakit yang disebabkan oleh virus PMK tersebut belum ada obatnya dan sebenarnya pemberian vitamin, pemberian obat dan pemberian ramuan herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh hewan ternak.

“Yah, untuk PMK sendiri saat ini belum ada obatnya, sebenarnya seperti pemberian vitamin, pemberian obat dan pemberian jamuan herbal untuk meningkatkan imunitas hewan ternak, tentu boleh pakai jamuan herbal untuk para pemilik hewan ternak atau pedagang,” pungkasnya. (Dan)