Home Berita Mengecek Tanggung Jawab, Skill, dan Gaji Staf Administrasi di Perusahaan

Mengecek Tanggung Jawab, Skill, dan Gaji Staf Administrasi di Perusahaan

0

Staf administrasi selalu dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan. Baik di lembaga pendidikan, pemerintahan, hingga di suatu perusahaan. Nah, untuk pembahasan mengenai staf administrasi kali ini akan kami fokuskan pada perusahaan.

Untuk Anda yang tertarik menggeluti profesi ini, pastinya harus memiliki banyak skill. Meski sering dianggap sepele, ternyata, staf administrasi ini adalah pekerjaan yang multitasking. Mulai dari memahami teknologi, memerhatikan segala sesuatu dengan detail, hingga mengatur kegiatan.

Menjadi staf administrasi dimulai dengan tahap membuat CV yang berkualitas dan profesional. Detail CV admin yang tepat dapat Anda simak pada link tersebut.

Lebih dari itu, Anda juga harus benar-benar memahami tugas staf administrasi di perusahaan. Tujuannya, agar Anda bisa menjalankan profesi dengan baik tanpa kendala yang berarti.

Sekilas tentang Staf Administrasi Perusahaan

Staf administrasi perusahaan merupakan orang yang bertugas untuk mengurus serta mengorganisasi berbagai pekerjaan yang bersifat administrasi (tata usaha) di suatu perusahaan. Jadi, tugas utama staf administrasi yakni memastikan kegiatan di perusahaan berjalan sesuai dengan rencana.

Utamanya, admin akan sering mengurus masalah surat menyurat, pencatatan, mengatur agenda, pembukuan, serta mengurus panggilan masuk maupun keluar yang sifatnya teknis. Staf administrasi juga memiliki andil dalam mencapai tujuan dari perusahaan.

Dalam hal ini, tanggung jawab dari staf administrasi perusahaan meliputi beberapa hal, di antaranya:

  • Menyusun pembukuan dasar
  • Mengambil serta mendistribusikan notulen meeting
  • Merencanakan rapat
  • Menyortir serta mendistribusikan surat
  • Menyimpan file perusahaan (digital atau fisik)
  • Memelihara peralatan kantor (alat tulis kantor) dan memastikannya ada di kantor
  • Mengkoordinasi komputer, ruang kerja, serta perlengkapan lainnya.
  • Mengurus masalah administrasi dengan menganalisis data, Menyusun laporan, serta mencarikan solusi.
  • Menyiapkan akomodasi apabila terdapat kegiatan luar
  • Membalas email
  • Menjadi penghubung satu departemen dengan departemen lainnya.
  • Bekerja mempersiapkan presentasi, mengirim surat, dan juga melakukan tugas yang lain.

Skill Staf Administrasi

Untuk Anda yang ingin bekerja sebagai staf administrasi, maka beberapa jenis kemampuan atau skill harus benar-benar dikuasai. Beberapa di antaranya:

1. Mempunyai Kemampuan dalam Komunikasi yang Mumpuni

Kemampuan berkomunikasi ini sangat dibutuhkan oleh admin karena Anda akan sering sekali berjibaku dan bertemu dengan staf lainnya. Baik dari level terbawah hingga level tertinggi. Supaya proses koordinasi dapat berjalan dengan efektif, maka skill komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk dikuasai.

2. Problem Solving atau Mampu Memecahkan Masalah dengan Cepat dan Tepat

Skill selanjutnya yang wajib dimiliki oleh staf administrasi perusahaan adalah problem solving. Artinya, admin harus mampu menyelesaikan masalah yang terprediksi maupun tidak. Semisal, terkait dengan perubahan jadwal.

3. Menguasai Teknologi

Mengingat saat ini di berbagai lini kehidupan berhubungan erat dengan teknologi, maka admin juga harus menguasainya. Terlebih, staf administrasi akan sering melakukan tugas pencatatan ataupun surat menyurat yang membutuhkan komputer. Maka dari itu, setidaknya, skill yang harus dimiliki berupa
penggunaan Microsoft Word, Microsoft Excel. Microsoft Powerpoint, hingga spreadsheet, word processor, dan perangkat scanner, serta perangkat teknologi lainnya.

4. Kesediaan Melayani

Seorang admin juga harus mempunyai jiwa melayani. Sebab, Anda harus sadar job desk sangat berhubungan dengan proses membantu perusahaan. Sehingga, apapun yang dibutuhkan oleh staf di perusahaan tersebut harus dilayani dengan baik.

5. Mampu Mengatur Waktu

Selanjutnya, Anda juga harus mempunyai manajemen waktu yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Jika terjadi hal tak terduga, Anda juga dapat menentukan prioritas pekerjaan yang bisa diselesaikan terlebih dahulu.

6. Memerhatikan Detail

Sekecil apapun kesalahan dalam proses pembukuan akan sangat berpengaruh pada kondisi perusahaan. Maka dari itu, seorang staf administrasi harus dituntut untuk detail. Kemampuan detail ini akan meminimalisir adanya kesalahan informasi yang akan disampaikan ke atasan Anda.

Mengulik Gaji Staf Administrasi Perusahaan

Diakui atau tidak, permasalahan terkait dengan gaji memang sangat penting untuk dibicarakan sebelum Anda mulai bekerja. Maka dari itu, kami akan membahas sedikit tentang gaji staf administrasi perusahaan.

Umumnya, penghasilan untuk jabatan ini di perusahaan sangat bervariasi, tergantung dari skala bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, ada juga faktor lain yang turut berkontribusi, seperti kerumitan tugas maupun pengalaman staf administrasi tersebut.

Namun, rata-rata staf administrasi perusahaan yang ada di Indonesia mendapatkan gaji sekitar Rp 36 jutaan per tahun. Sedangkan bagi staf dengan pengalaman yang lebih tinggi akan mencapai gaji hingga Rp 122 juta per tahun. Jadi, dalam sebulan, staf administrasi perusahaan bisa memeroleh penghasilan sekitar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

Demikian penjelasan mengenai bidang pekerjaan staf administrasi perusahaan dan tugas, skill, dan gajinya. Setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda masih berminat menjadi seorang admin? Jika
iya, pastikan Anda memiliki skill seperti yang tertulis di atas. Semoga bermanfaat dan jadi referensi bagi Anda.