Home Berita Deteksi Dini Narkoba, BNN Tangsel Dukung Pendataan Ormas/OKP di Kesbangpol Ada Tes...

Deteksi Dini Narkoba, BNN Tangsel Dukung Pendataan Ormas/OKP di Kesbangpol Ada Tes Urine

0

Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya menekan dan mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba. Upaya itu rencananya menyasar ke komunitas Organisasi Kemasyarakatan (ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) dengan melakukan tes urine saat pendataan administrasi organisasi di Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kebangpol) Tangsel.

Kepala Badan Kesbangpol Tangsel, H. Chaerul Saleh mengatakan, selama ini pendataan organisasi di bawah binaan Badan Kesbangpol Tangsel hanya dilakukan secara administrasi saja. Adapun rencana tes urine sebagai penambah syarat administrasi, pihaknya akan mengkaji kembali.

“Ya kita tahu ormas ataupun OKP di Tangsel sangat banyak. Ide ini bagus tentu kami akan pertimbangkan kembali. saya tidak bisa bilang, bisa atau tidak ya. Intinya sarannya bagus akan dipertimbangkan,” ujarnya menjawab pertanyaan salah satu peserta dalam acara sosialisasi bersama insan pers di gedung Intermark, BSD, Kamis (20/10/20220).

Sementara, Kepala BNN Kota Tangsel AKBP Renny Puspita mengatakan menunggu gayung bersambut dari Pemerintah Kota Tangsel melalui Badan Kesbangpol yang memiliki tugas pendataan ormas dan OKP yang berada di Tangsel.

“Tentu ide yang bagus selaras dengan tujuan BNN dengan mendeteksi dini. Namun kita menunggu dari Pemkot,” katanya.

Ia melanjutkan, deteksi dini sangat diperlukan terutama bagaimana melibatkan peran dan partisipasi masyarakat. Ormas dan OKP adalah representasi masyarakat, maka dengan rencana tersebut tentu akan menjadi dampak yang baik untuk masyarakat luas.

“Kami siap semoga Ikotan (Indeks Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba) terus meningkat,” pungkasnya sambil mengapresiasi peserta yang memberikan ide tersebut.

Sebelumnya, dalam acara sosialisasi yang digelar BNN Kota Tangsel, salah satu peserta menanyakan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba, bisakah Badan Kesbangpol Tangsel menggandeng BNN Kota Tangsel dalam mendata administrasi organisasi masyarakat memasukan syarat tes urine kepada pengurus-pengurus organisasi yang ingin mendaftar di Badan Kesbangpol Tangsel. (Red)