Beranda Bandara Bandara Soetta Bakal Jadi Mall UMKM dari Berbagai Daerah

Bandara Soetta Bakal Jadi Mall UMKM dari Berbagai Daerah

0

PT Angkasa Pura II (AP II) menjadikan bandara yang dikelolanya untuk dapat bermanfaat dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Tahun 2023 ini, dukungan bagi mitra binaan UMKM akan diperkuat dengan memperluas promosi dan pemasaran di Terminal 3 Bandara Soetta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Program pembiayaan, serta promosi dan pemasaran UMKM dari berbagai provinsi secara gratis di Bandara Soetta, merupakan salah satu upaya mewujudkan inklusivitas bagi UMKM.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa dukungan pembiayaan hingga perluasan promosi dan pemasaran ini diharapkan dapat mengakselerasi UMKM untuk naik kelas.

“Setiap bandara AP II menyediakan area untuk promosi dan pemasaran produk UMKM. Pada tahun ini AP II menjalankan konsep baru dalam pengembangan UMKM, di mana mitra binaan UMKM mendapat dukungan tambahan untuk promosi dan pemasaran produk secara gratis di Gerai Nusantara yang terletak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta,” kata Awaluddin, Minggu (29/1/2023).

Gerai Nusantara lanjut Awaluddin, merupakan area khusus di Terminal 3 yang didedikasikan untuk pengembangan UMKM. Area Gerai Nusantara cukup luas dan sangat mendukung konsep airport mall UMKM dan tepat dijalankan di Terminal 3 yang sudah memiliki konsep sebagai mall.

“Kami berharap promosi dan pemasaran produk UMKM dari 17 provinsi ini di Bandara Soekarno-Hatta akan mengakselerasi UMKM untuk naik kelas,” ujarnya.

Adapun luas Gerai Nusantara Terminal 3 terbentang di area kedatangan domestik, mulai dari pintu keluar baggage claim area hingga ke arah luar gedung terminal, area penjemputan, Plaza Terminal 3, SMMILE Center dan Gedung Parkir kendaraan roda empat.

Directof of Human Capital AP II Ajar Setiadi mengatakan UMKM asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi yang pertama dalam melakukan promosi dan pemasaran di Gerai Nusantara Termina 3 pada tahun ini.

“Tidak sekedar mengenai promosi produk, nanti ornamen dan kesenian khas Kepulauan Bangka Belitung juga ditampilkan di Gerai Nusantara Terminal 3. Ini konsep yang kami jalankan tahun ini, jadi ada promosi dan pemasaran produk UMKM yang dilengkapi juga dengan promosi pariwisata dan kesenian daerah asal UMKM tersebut,” jelas Setiadi.

Pelaku UMKM asal Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi mitra binaan AP II akan melakukan promosi dan pemasaran produk-produknya di Gerai Nusantara Terminal 3 pada 1 – 28 Februari 2023.

“Setelah UMKM asal Kepulauan Bangka Belitung, kami akan mengundang mitra binaan yang berasal dari provinsi lainnya dapat bergabung di Gerai Nusantara Terminal 3 untuk mempromosikan produk serta mempromosikan kesenian dan pariwisata setempat,” tutur Setiadi. (Rmt)