Beranda Berita Perairan Pulau Liwungan Panimbang Pandeglang Jadi Konservasi Terumbu Karang

Perairan Pulau Liwungan Panimbang Pandeglang Jadi Konservasi Terumbu Karang

0

Pesisir perairan Pulau Liwungan tepatnya di Kampung Nelayan Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang akan dijadikan wilayah Konservasi Terumbu Karang yang harus dijaga dan dipelihara.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, program pelestarian terumbu karang itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang berkolaborasi dengan PT.Telkom Indonesia, Lazharfa dan Forum Pelestari Terumbu Karang (FPTK) Banten untuk menjaga ekosistem laut di perairan Pulau Liwungan.

“Terumbu karang menjadi penting sebagai penyelamat biota laut, maka dari itu terumbu-terumbu karang yang ada harus terjaga dan terus dilestarikan,” ungkap Bupati Irna dalam acara launching program pelestarian terumbu karang, di Kecamatan Sumur, Rabu (07/06/2023).

Lebih lanjut, Irna mengatakan keberadaan terumbu karang saat ini harus dikembangkan, karena terumbu karang bukan hanya tempat bagi ikan-ikan dan spesies lainya, melainkan juga berfungsi untuk menahan gelombang pantai yang besar sebelum sampai ke pesisir pantai.

“Terkadang ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merusak habitat terumbu karang, salah satunya yakni penangkapan ikan dengan menggunakan bom atau jaring-jaring yang dapat merusak habitat terumbu karang, oleh sebab itu harus kita antisipasi, agar terumbu karang di wilayah laut kita tetap terjaga kelestarianya,” ujarnya.

Ditambahkannya, Launching program konservasi terumbu karang yang dilakukan saat ini sebuah bukti kepedulian yang dilakukan oleh mereka yang peduli dengan terumbu karang di wilayah laut Pandeglang, agar terumbu-terumbu karang yang ada bisa terjaga dan bisa terus dikembangkan.

Direktur Utama Lazharfa, Abdul Rafur mengatakan, kegiatan launching konservasi terumbu karang di kawasan Pulau Liwungan sebagai upaya untuk melestarikan dan menjaga habitat terumbu karang di wilayah laut Pandeglang.

“Ketika terumbu karang yang kita tanam ini sudah tumbuh dengan baik, maka nelayan tidak harus jauh-jauh ketengah lautan untuk mencari ikan, karena terumbu karang rumahnya ikan,” katanya. (Den)