Beranda Berita Pendapatan Uji KIR Masih 18,94 Persen, Dishub Pandeglang Beralasan Minim Sarpras

Pendapatan Uji KIR Masih 18,94 Persen, Dishub Pandeglang Beralasan Minim Sarpras

0
Foto: Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) pada Dishub Pandeglang, M. Zaenudin

Pendapatan retribusi kendaraan bermotor melalui uji KIR di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang tahun 2023 masih belum mencapai target dari awal Januari sampai Juli 2023.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) pada Dishub Pandeglang, M. Zaenudin mengatakan, bahwa target Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi dari uji KIR baru mencapai 18,94 persen.

“Satu tahun itu targetnya sekitar Rp 800 jutaan dan itu kita masih jauh sedangkan kalau dirata-ratakan per-harinya paling 10 kendaraan, kalau untuk mencapai target ya masih banyak masih belum mencapai,” katanya saat di wawancarai di Kantor Dishub Pandeglang, Senin (3/7/2023).

Ia mengungkapkan, pihaknya mengalami kendala dalam mengejar capaian target ini lantaran sarana dan prasarana yang belum mendukung terutama uji KIR di Dishub Pandeglang tersebut.

“Memang cukup berat sih kalau untuk mencapai target, ya harus ada mobil uji keliling untuk mobil jemput bola kemudian minimnya pegawai penguji kendaraan itu,” kata Zaenudin.

Pihaknya mengimbau kepada pemilik kendaraan baik pick-up, bus, dan truk agar kesadarannya lebih meningkat untuk melakukan uji KIR sehingga lancar, aman, dan selamat ketika berkendara.

“Ya kepada masyarakat Pandeglang meningkat lah untuk uji KIR nya, tujuannya untuk keselamatan di jalan untuk kelancaran mereka juga dan meningkatkan PAD mungkin gitu,” tandasnya. (Dan)