Home Berita Jalan Sumur-Taman Jaya Pandeglang Berubah Status Jadi Kewenangan Pemprov Banten

Jalan Sumur-Taman Jaya Pandeglang Berubah Status Jadi Kewenangan Pemprov Banten

0
Jalan sumur taman jaya
Foto: Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat meninjau Jalan Sumur Taman Jaya di Pandeglang

Jalan Sumur-Taman Jaya, yang terletak di Kabupaten Pandeglang, kini telah mengalami perubahan status menjadi kewenangan Provinsi Banten, sesuai dengan Nomor: 620/Kep. 16-Huk/2023 yang menetapkan status, fungsi, dan kelas jalan Provinsi Banten.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Asisten Daerah Ekonomi dan Pembangunan (Asda Ekbang) Hj. Nuriah saat ground breaking Jalan Sumur-Taman Jaya pada Selasa (5/3/2024) di Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur.

Asda II Pemkab Pandeglang meyakini bahwa pembangunan jalan ini akan meningkatkan aksesibilitas dan perkembangan ekonomi masyarakat di wilayah Pandeglang Selatan.

“Sebelum statusnya ditingkatkan menjadi kewenangan Provinsi, ruas Jalan Sumur-Taman Jaya telah dibangun sepanjang 8 km oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Saat ini, pembangunan selanjutnya akan ditangani oleh provinsi,” ungkap Nuriah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pj. Gubernur Banten atas kebijakan langsung yang telah diwujudkan hari ini. Jalur ini sangat penting bagi masyarakat,” tambahnya.

Mantan Kadinsos ini menegaskan bahwa Jalan Sumur-Taman Jaya sangat penting dalam mendukung geopark Ujung Kulon yang dijadwalkan akan ditetapkan pada bulan April 2024 mendatang.

“Saat destinasi wisata bangkit, ekonomi masyarakat juga akan bangkit. Dengan peningkatan aksesibilitas, proses ini akan lebih cepat,” katanya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar menjelaskan bahwa tujuan dari pembangunan infrastruktur adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan dasar, termasuk infrastruktur.

“Dengan jalan yang baik, segalanya akan menjadi lebih mudah. Ekonomi akan berkembang, pertanian akan maju, dan pendidikan akan berkembang,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan didirikannya Provinsi Banten adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang merupakan cita-cita para pendiri Banten sebelumnya.

“Para pendiri ingin mempercepat kesejahteraan masyarakat. Saat ini, Banten sudah berusia hampir 24 tahun dan harus terus maju,” katanya.

Al Muktabar menambahkan bahwa ruas Jalan Sumur-Taman Jaya yang akan dibangun sepanjang 13 km akan dibiayai sekitar 87,86 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten.

“Jalan Sumur-Taman Jaya akan selesai dibangun tahun ini dan menjadi prioritas utama dalam penanganan jalan di Provinsi Banten. Kontraknya telah selesai dan akan dikerjakan oleh PT Ris Putra Delta,” pungkasnya. (Den)