Home Bandara East Flyover Atasi Kepadatan Arus Lalu Lintas Angkutan Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta

East Flyover Atasi Kepadatan Arus Lalu Lintas Angkutan Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta

0
East Flyover Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (dok. istimewa)

Pengalihan dan perubahan arus lalu lintas dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui jalur East Flyover yang menghubungkan Perimeter Utara dan Selatan dinilai berhasil memecah arus lalu lintas selama masa Angkutan Lebaran 2024.

Di mana, mendekati puncak periode mudik Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta siap menghadapi lonjakan pemudik yang diprediksikan puncaknya akan terjadi pada tanggal 6-7 Maret 2024.

Diperkirakan bahwa jumlah kendaraan yang akan memasuki bandara meningkat signifikan selama periode Angkutan Lebaran ini.

Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keamanan di sekitar bandara, Manajemen Bandara Soekarno-Hatta juga bekerja sama dengan pihak terkait, termasuk Kepolisian dan PT Wika sebagai pihak pengembang East Flyover.

Senior Manager of Branch Communication & Legal, M Holik Muardi mengatakan, East Flyover telah menjadi solusi dalam mengatasi kepadatan lalu lintas khususnya selama masa Angkutan Lebaran

“Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengalihan arus dan penutupan putar balik dari dan menuju bandara via perimeter utara dan selatan telah berjalan dengan baik. Meskipun pada awalnya terdapat kebingungan di antara pengguna jalan, namun seiring berjalannya waktu pengendara mulai terbiasa dengan perubahan ini, sehingga kepadatan arus lalu lintas pun dapat terurai,” kata Holik, Sabtu (6/4/2024).

Holik menjelaskan, manajemen Bandara Soekarno-Hatta telah melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitas operasional jalur East Flyover. Penambahan rambu dan menyiagakan petugas keamanan serta polisi lalu lintas.

“Kami juga menambahkan sign/rambu lalu lintas di beberapa titik, serta penjagaan oleh petugas keamanan dan polisi lalu lintas di lapangan guna membantu memperlancar arus lalu lintas. Sosialisasi ke publik pun terus dilakukan secara rutin untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi terkait perubahan jalur ini,” tutur Holik.

Ia menghimbau kepada masyarakat atau pemudik untuk mempersiapkan perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta lebih awal dan menggunakan transportasi umum bila memungkinkan.

“Kami mendorong para pemudik untuk merencanakan perjalanan mereka dengan baik, tiba lebih awal guna mengantisipasi kepadatan pada jam sibuk,” ujarnya.

Sekadar diketahui, jalur East Flyover saat ini masih dalam tahap proses pengembangan pembangunan. Dengan rampungnya jalur kelok pada East Flyover, diperkirakan pada bulan Juni 2024 akan beroperasi secara penuh. (Rmt)