Home Berita Imigrasi Bandara Siapkan Sekretariat Tim Pengawasan Orang Asing

Imigrasi Bandara Siapkan Sekretariat Tim Pengawasan Orang Asing

0

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta (Imigrasi Soetta),Tangerang menyiapkan Sekretariat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora). Hal itu dilakukan setelah Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) melakukan peresmian sekretariat Timpora pada Selasa (16/2) di Jakarta Timur. 

Timpora yang melibatkan unsur TNI, Polri, Imigrasi, BIN, BNN dan juga Pemerintah Daerah serta Kejaksaan akan bersinergi antar instansi guna penegakan hukum di Indonesia. Khususnya dalam pengawasan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke wilayah Indonesia.
Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Soetta melalui Kasie Penindakan Arief Eka Riyanto mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan Sekretariat Timpora di Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta.”Kami sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk sekretariat Timpora di Bandara Soetta,” katanya kepada Tangerangonline.id ketika ditemui di Kantornya, Rabu (17/2).

Nantinya sambung Arief, seluruh lembaga dan instansi yang tergabung dalam Timpora tersebut akan bersinergi dalam pengawasan WNA di wilayah tugasnya.

Diketahui, Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan pintu terbesar masuknya WNA ke berbagai wilayah Indonesia. Dan setelah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kedatangan WNA melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan meningkat.

“Terlebih sejak diberlakukannya MEA dan bebas Visa bagi warga negara dari berbagai negara di ASEAN, tentu kami harus lebih ekstra lagi dalam pengawasan,” tandasnya. (Rmh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here