Home Berita Belajar Percaya Diri Sejak Dini

Belajar Percaya Diri Sejak Dini

0
SHARE

Pendidikan seorang anak harus diperhatikan sejak dini oleh para orangtua. Tumbuh kembangnya percaya diri, salah satu bagian pendidikan yang perlu diperhatikan tersebut.

Hal ini diungkapkan praktisi pembelajar dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bina Cendikia, Pamulang Barat, Tangerang Selatan (Tangsel), Siti Maisitho.

Ia menuturkan untuk melatih tingkat percaya diri seorang anak harus dimulai sejak dini, agar anak bisa memiliki karakter mandiri nantinya.

“Dalam mengasuh anak, kita harus lihat apa maunya anak. Biarkan dia memilih pilihannya, kita sebagai orangtua cukup mengawasi saja. Jika orangtua selalu mmenentukan gerak anak, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang plin-plan, tidak punya pilihan, dan tidak mandiri. Karena orangtua selalu mengambil alih peran anak,” paparnya kepada tangerangonline.id.

Di samping itu, orang tua juga harus memberi kepercayaan kepada anak, lanjut Maisitho, agar anak terlatih percaya diri.

Pemberian kepercayaan diri itu dimulai dari hal-hal kecil. “Misalnya, terkadang anak perempuan sering menawarkan diri untuk membantu ibunya saat masak. Ya sudah, izinkan dia untuk mencuci piring atau menata makanan. Tapi biasanya, seorang ibu terlalu khawatir, sehingga anak dilarang untuk membantu. Entah takut bikin piring pecah, bikin lantai kotor, atau yang lainnya. Ini yang salah,” tutupnya. (Muf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here