Home Berita Patung Soekarno-Hatta, Dahulu dan Sekarang di Bandara Soetta

Patung Soekarno-Hatta, Dahulu dan Sekarang di Bandara Soetta

0

Patung Ir Soekarno dan Mohammad Hatta merupakan ikon dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Patung berbahan perunggu hasil karya pematung Sunaryo asal Institut Teknologi Bandung (ITB) itu diresmikan oleh Presiden RI saat itu yakni Susilo Bambang Yudoyono.

Patung proklamator Republik Indonesia tersebut diresmikan pada tahun 2007 dan berdiri di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, persisnya di seberang jalan menuju Sheraton Bandara Hotel.

Patung Soekarno yang memiliki tinggi mencapai 7,8 meter itu mengenakan kopiah dan pakaian khasnya dengan posisi berdiri dengan tangan kanan menunjuk ke depan sedangkan tangan kirinya memegang tongkat komando.

Sementara, patung Mohammad Hatta dengan tinggi sedikit lebih pendek dibanding patung Soekarno tampak dengan ekspresi berbeda, lebih mengenakan kaca mata dan di tangan kirinya memegang sebuah buku.

Kini, setelah dipindahkan pada awal bulan Januari 2016 lalu, patung Soekarno dan Mohammad Hatta (Soekarno-Hatta) itu berdiri di Bundaran Terminal 3 atau sekitar 500 meter dari lokasi sebelumnya.

Pantauan tangerangonline.id pada Minggu (15/5/2016), masih tampak beberapa pekerja memperbaiki dan membersikan taman. Tampak juga pekerja sedang memasang pipa untuk air mancur di lokasi patung Soekarno-Hatta.

Nantinya lokasi patung Soekarno dan Mohammad Hatta sebelumnya akan ditempati patung Garuda yang dibuat oleh seniman Nyoman Nuarta. (Rmt)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here