Home Berita Tangsel Bakal Bangun Gedung Inovatif Koperasi UKM 10 Lantai

Tangsel Bakal Bangun Gedung Inovatif Koperasi UKM 10 Lantai

1
Warman Syanudin, kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel.

Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meningkatkan daya saing koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) di Tangsel bakal semakin mudah. Pasalnya, Pemkot melalui Dinas Koperasi dan UKM akan membangun gedung inovatif koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel saat ditemui usai acara Bazzar Murah di lapangan Kecamatan Pamulang mengatakan, rencana pembangunan gedung inovatif koperasi dan UKM, sebelumnya akan dibangun 5 lantai. Namun melihat kondisi sekitar dan peluang yang lebih besar, pihak Pemkot merubah perencanaan menjadi 10 lantai.

“Jadi sebelumnya memang sudah direncanakan 5 lantai. Namun melihat bangunan sekitar yang memiliki lantai lebih tinggi, ditakutkan gedung inovatif koperasi dan UKM bakal terhalang. Jadi peluang jadi kecil. Ini kan akan menjadi ikon juga. Makanya, diubah menjadi 10 lantai agar peluang menjadi besar,” kata Warman Syanudin, kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kamis (9/6/2016).

Lokasi pembangunan gedung inovatif koperasi dan UKM rencananya akan dibangun pada tahun 2017 di Jalan Pahlawan Seribu, Kelurahan Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong. Tepatnya di depan Dunia Bangunan BSD.  Gedung dengan 10 lantai nantinya bakal juga digunakan untuk pelatihan, pembinaan koperasi dan UKM, kegiatan bisnis dalam pameran produk-produk UKM, ruang incubator dan ruang serba guna.

“Tahun ini perencanaannya dan 2017 akan dibangun. Gedung ini dibangun di atas lahan sekitar 2350 meter dan lahan ini dari fasos fasum. 2 lantai untuk basemant dan 8 lantainya untuk kegiatan lainnya seperti pelatihan, pembinaan, ruang serba guna dan ada incubatornya,” tuturnya.

Warman juga mengatakan, manfaat dibangun gedung tersebut, selain untuk penunjang pelaku usaha serta pengembangan koperasi dan UKM di Tangsel, tapi juga sebagai penambah pendapatan asli daerah (PAD) Tangsel.

“Gedung ini nantinya juga sebagai penghasil PAD. Kan ada gedung serba guna bisa disewakan untuk umum seperti resepsi pernikahan, meeting perusahaan dan lainnya gitu,” ujarnya.

Dia berharap, kedepan dibangunnya gedung inovatif koperasi dan UKM bakal membantu perubahan ekonomi Tangsel. Karena diketahui sekitar 20 ribu UKM yang telah rutin berproduksi. Maka, dengan adanya gedung inovatif koperasi dan UKM sebagai sentra UKM. (Abi)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here