Home Agenda Warga Tangerang Siapkan Perayaan Peh Cun

Warga Tangerang Siapkan Perayaan Peh Cun

0

Perayaan Peh Cun diperingati tanggal 5 bulan 5 tahun China. Di Kota Tangerang, warga Tionghoa merayakan Peh Cun diselenggarakan di Sungai Cisadane, Kota Tangerang, pukul 10.00 WIB, Minggu (12/6/2016).

Puluhan warga tadi telah mempersiapkan perahunya untuk digunakan saat perayaan Peh Cun Besok.

Rencananya Walikota Arief R Wismansyah akan hadir menyaksikan kemeriahan perayaan Peh Cun di Sungai Cisadane tersebut.

“Tadinya mau hari ini Walikota datang ke lokasi perayaan Peh Cun untuk melihat psrsiapannya, namun karena bapak harus menghadiri suatu undangan acara lainnya, makanya bapak tidak sempat hadir hari ini. Insya Allah akan menghadiri perayaan Peh Cun, untuk menyaksikan kemeriahan acara Peh Cun dengan waktu yang tentatif,” ujar Kasubag Humas Pemkot Tangerang Muallim kepada tangerangonline.id, Sabtu (11/06/2016) Sore.

Menurut informasi yang didapat, biasanya perayaan Peh Cun di Kota Tangerang akan dibarengi dengan Perayaan Festival Cisadane yang digelar juga di Sungai Cisadane.

Diketahui, Peh Cun merupakan kepercayaan terjadinya fenomena alam yakni sejajarnya posisi bulan, bumi dan matahari. Fenomena tersebut mempengaruhi gravitasi, sehingga membuat telur tidak jatuh saat diletakkan dalam posisi berdiri.

Dalam perayaan Peh Cun, biasanya diselenggarakan festival perahu naga. Festival ini pun memiliki sejarah yang menarik. Konon, festival perahu naga ini dimulai dari sebuah cerita dari seorang Menteri Negara Chu yakni Qu Yuan (339 SM-227 SM). (Acp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here