Beranda Berita Balaraja, Tempat Berkumpulnya Para Raja Nusantara

Balaraja, Tempat Berkumpulnya Para Raja Nusantara

0

Balaraja merupakan wilayah di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Balaraja dikenal sebagai daerah seribu pabrik, karena saat ini banyak berdiri pabrik atau industri nasional. Bagaimana nama Balaraja berasal? Ada banyak versi cerita terkait penamaan Balaraja yang berkembang di tengah masyarakat.

Kata Balaraja diambil dari dua kata BALAI dan RAJA. Menurut tokoh masyarakat setempat, Agung, Balaraja adalah persingagahan pararaja atau tempat berkumpulnya para raja nusantara.
Perkumpulannya di BALAI yang berlokasi di sebuah perkampungan bernama Sentiong.

“Hingga akhirnya tempat yang sekarang di sebut Balaraja sebenarnya untuk mengenang kembali tentang perkumpulan para raja tersebut,” ungkapnya.

Kisah berkumpulnya para raja itu, dahulu Balaraja didominasi oleh para pedagang Arab, Cina dan bangsa Eropa. Hingga akhirnya terjadi persaingan antar pedagang yang mayoritasnya dikuasai penuh oleh bangsa cina. Puncaknya terjadi pertumpahan darah antar pedagang Arab dan Tionghoa.
Mendengar ketidak harmonisan di tempat berkumpulnya para raja. “Menjadikan para raja menyelesaikan masalah tersebut, sehingga para pedagang itu kembali saling bekerjasama,” tutur Agung. (Yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini