Home Berita BNN Periksa Acak Urine Petugas Airnav Bandara Soetta

BNN Periksa Acak Urine Petugas Airnav Bandara Soetta

0

Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine kepada beberapa pegawai Air Navigation (Airnav) Indonesia secara acak di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Pemeriksaan urine ditujukan untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika di lingkungan lembaga pengatur lalu-lintas pesawat terbang di wilayah bandara internasional tersebut.

Selain secara acak, pemeriksaan dilakukan mendadak oleh petugas BNN terhadap 50 orang dari 400 karyawan yang beraktifitas di kantor pusat Airnav Indonesia. “Apabila ditemukan positif pengguna narkoba, maka akan diharuskan menjalani proses rehabilitasi. Sedangkan, pegawai yang kedapatan menyimpan dan mengedarkan narkoba, akan dijerat hukum pidana,” ujar Kasubdit lingkungankerja BNN, Kombes Pol Ricky Yaunarfi, Jumat (12/8/2016).

Meski tidak ditemukan pengguna narkoba, jelas Ricky, namun pemeriksaan akan terus dilakukan secara periodic dalam upaya menangkal masuknya peredaran narkoba kepada pegawai lalu-lintas penerbangan udara tersebut. “Kita akan terus lakukan pemeriksaan ini secara periodik guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang dalam hal ini di lingkup kerja Airnav Indonesia,” jelasnya.

Sementara menurut Direktur Keamanan dan Keselamatan Navigasi, Yurlis Hasibuan mengatakan bahwa tes urine kepada seluruh karyawan Navigasi Airnav ini untuk memastikan bahwa para pegawai tidak terlibat dan mengkonsumsi narkotika. “Tes urine ini dilakukan guna memastikan bahwa seluruh pegawai Navigasi Airnav tidak ada yang terlibat serta tidak ada yang mengkonsumsi narkotika,” ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan Navigasi, Yurlis Hasibuan.

Kegiatan tes urine kepada pegawai Navigasi Airnav Indonesia ini baru pertama kali dilakukan, hal ini dikarenakan peran penting petugas Airnav Indonesia yang sangat vital dalam factor keselamatan penerbangan, karena bertugas mengatur lalu-lintas pergerakan pesawat terbang di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. (Acp)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here