Home Berita Anggaran Pendidikan Pada APBD-P Kabupaten Tangerang Rp 1,4 Triliun

Anggaran Pendidikan Pada APBD-P Kabupaten Tangerang Rp 1,4 Triliun

0

Anggaran pendidikan yang diajukan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam Raperda APBD Perubahan (APBD-P) 2016 mengalami kenaikan. Kenaikan anggaran pendidikan tersebut dari 20 persen menjadi 27 persen atau sebesar Rp 1,4 Triliun.

Peningkatan menjadi 27 persen juga dinilai telah melampaui amanat UUD 1945 pasal 31 ayat 4 UUD 1945 Amandemen ke-4 dan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 013/PUU-VI/2008 tentang pemerintah harus menyediakan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen.

Sedangkan terkait penggunakannya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan, Pemkab Tangerang mengajukan anggaran pendidikan menjadi 27 persen dari APBD-P untuk dialokasikan pada pembangunan infrastruktur bangunan sekolah se-Kabupaten Tangerang yaitu berupa pembangunan ruang kelas baru, rehabilitasi sekolah dan infrastruktur lainnya. 

Selain itu, dari anggaran tersebut oleh Pemkab juga bakal dialokasikan 55 % atau sebesar Rp 790 Miliar untuk peningkatan kesejahteraan guru, tunjangan fungsional guru PNS / non PNS, tunjangan daerah guru dan honor guru. 

“Tidak hanya infrastruktur sekolah saja yang akan kita benahi, tapi 55 persen dari Rp 1,4 triliun tersebut akan kita pergunakan untuk tunjangan kesejahteraan para guru,” jelas Zaki di depan rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang.

Wakil Ketua DPRD, Barhum mengatakan, bila kenaikan anggaran pendidikan untuk kebutuhan masyarakat, dia menyarankan agar anggaran tahun 2016 yakni program-program di bidang pendidikan untuk segera direalisasikan agar terserap secara tepat.

“Kalau harus menunggu pada APBD tahun anggaran berikutnya, saya merasa itu terlalau lama dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Jadi tolong secepatnya direalisasikan,” tegasnya.

Selain sektor pendidikan, Barhum menyarankan, Pemkab Tangerang juga harus mengoptimalkan program peningkatan pengembangan terhadap sektor kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here