Home Berita Lurah Tigaraksa Tuding Kartu Indonesia Pintar Salah Sasaran

Lurah Tigaraksa Tuding Kartu Indonesia Pintar Salah Sasaran

0
SHARE

Sebagian besar di wilayah Kabupaten Tangerang tepatnya di Kelurahan Tigaraksa, pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) dinilai tidak tepat sasaran. KIP merupakan program pemerintahan Joko Widodo, berupa bantuan uang untuk siswa keluarga miskin yang ditujukan kepada anak usia sekolah untuk membantu dana atau biaya keperluan sekolah agar dapat menyelesaikan proses belajarnya.

Namun kenyataannya, dalam penerimaan Program Indonesia Pintar melalui KIP dengan pemberian bantuan tunai pendidikan di Kelurahan Tigaraksa Kabupaten Tangerang diterima oleh orang yang tergolong mampu.

Lurah Tigaraksa Galih Parkosa mengatakan, untuk penerimaan Kartu Indonesia Pintar di Kelurahan Tigaraksa sendiri masih sering terjadi salah penepatan di dalam penerimaannya.

“Hal tersebut dikarenakan pendataan secara administrasi yang diurus oleh kementerian dan dinas yang terkait tak pernah mangajak pihak kami untuk mengurus pendataaan administrasi, karena sampai saat ini pihak kami hanya sebagai distributor saja, dan pendataan admistratif itu,” katanya kepada Tangerangonline.id.

Seharusnya, Galih menambahkan, siswa yang layak menerima pemberian Kartu Indonesia Pintar adalah siswa yang orangtuanya berpenghasilan menengah ke bawah. Namun, sambung Galih, terkadang yang tidak wajib untuk mendapakan Kartu Indonesia Pintar malah mendapatkan.

“Agar lebih tepat penerimaan Kartu Indonesia Pintar ini, pihak yang berada di bawah, seperti Kelurahan dan guru-guru di sekolah diajak untuk mengikuti pendataan administratifnya,” ujarnya.

Sekedar informasi, untuk tahun 2016, KIP akan diberikan kepada 19,5 juta anak usia sekolah (6-21 tahun)  baik dari keluarga/rumah tangga tidak mampu yang ditetapkan oleh pemerintah atau yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here