Home Berita Napi Lapas Anak Pamer Kreativitas, PT AHM Beri Bantuan 2 Motor

Napi Lapas Anak Pamer Kreativitas, PT AHM Beri Bantuan 2 Motor

0

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly usai acara pemberian Remisi Umum (RU) I dan RU II, melihat hasil karya kreativitas narapidana (napi) yang terbuat dari bahan bekas kertas koran dan makanan.

Yasonna yang didampingi Gubernur Banten Rano Karno dan Kepala Kantor Wilayah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Menkumham) Banten Ajub Suratman mengatakan, dirinya sangat kagum dengan yang dilakukan napi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang.

“Karyanya sangat bagus, dari hasil koran bekas yang dikumpulkan menjadi kapal besar yang bisa langsung jalan di lautan ini dan juga lukisan tadi bagus,” katanya sambil mengelilingi pameran karya napi LPKA Klas I Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut Yasonna mencicipi makanan buatan napi LPKA Klas I Tangerang. “Lumayan rasanya, bisa jadi koki juga,” ujarnya.

Dalam karya tersebut yang dipamerkan bukan hanya kapal dari koran bekas ataupun lukisan dan makanan, tapi ada baju, duren bantal dan masih banyak lagi buah tangan napi LPKA Klas I Tangerang.

Selain itu, acara pemberian remisi juga dihadiri pihak PT. Astra Honda Motor (AHM). Pihaknya memberi bantuan 2 unit sepeda motor dan peralatan praktik untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Istimewa di LPKA Kelas I Tangerang.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan implementasi Program Edukasi Satu Hati secara konsisten yang mengajarkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di SMK se-Indonesia.

“Kami harap, bantuan ini dapat memberi bekal terhadap generasi muda yang sedang dibina di LPKA. Kompetensi dan ketrampilan teknik harus dapat dipelajari napi di sini sesuai dengan perkembangan teknologi sepeda motor yang ada saat ini. Bebas dari LPKA, mereka bisa berkiprah kembali di masyarakat dengan menjadi mekanik di bengkel sepeda motor,” ujarnya kepada¬†tangerangonline.id.

Kemudian Muhibbuddin menjelaskan, bantuan motor dan tools tersebut melengkapi sarana dan prasarana ruang praktek atau laboratorium Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Istimewa LPKA Klas I Tangerang.

“Di sekolah ini remaja yang sedang menjalani masa pembinaan di LPKA Tangerang belajar keterampilan teknik sepeda motor dengan guru yang sudah terlatih dan berpengalaman,” jelasnya.

Secara rutin, AHM memberikan pelatihan teknologi terkini untuk dipelajari guru-guru binaannya. AHM beserta jaringan dealernya juga konsisten menyelenggarakan kompetisi keterampilan teknik antarsiswa SMK binaannya, mulai tingkat regional hingga nasional.

“Siswa hasil didikan SMK Istimewa ini tak kalah bersaing dengan SMK regular lain. Pada ajang Kontes SMK TSM Honda tingkat Regional Jakarta & Tangerang 2016, siswa utusan SMK Istimewa meraih peringkat ke-8 dari 86 peserta. Ini salah satu prestasi yang membanggakan,” tutup Muhibbuddin. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here