Home Berita Anggota DPD Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ke Pelajar Kabupaten Tangerang

Anggota DPD Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ke Pelajar Kabupaten Tangerang

0

Minimnya pemahaman pelajar terkait 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika menjadi sorotan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Di antara program MPR RI untuk dapat menumbuhkan 4 pilar tersebut, seperti sosialisasi yang digelar untuk pelajar Kabupaten Tangerang di Aula Graha Pemuda, Tigaraksa, Rabu (24/8/2016).

Ahmad Subadri, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyayangkan, nilai-nilai 4 pilar yang semestinya menjadi benteng kedaulatan dan keutuhan untuk generasi mendatang saat ini sudah mulai lemah. Terbukti banyak generasi bangsa (pelajar) sangat minim memahami nilai-nilai 4 pilar tersebut.

“Banyak pelajar sudah tidak lagi memahami bahkan mengenal  4 pilar kebangsaan seperti Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika. Banyak dari mereka bahkan sudah tidak hafal lagi sila-sila dalam pancasila. Tentu ini menjadi perhatian kami sebagai anggota MPR RI, karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” kata Subadri saat mengisi acara sosialisasi.

Kurangnya materi kebangsaan di dunia pendidikan formal merupakan salah satu yang membuat lemahnya pemahaman terhadap pelajar. Karena itu sengaja dirinya mengundang para pelajar di Kabupaten Tangerang dalam sosialisasi 4 pilar, agar mereka dapat mengenal apa saja nilai-nilai luhur yang telah bangsa Indonesia miliki melalui 4 pilar kebangsaan. Apalagi di era globalisasi dimana setiap bangsa bebas keluar masuk suatu negara sehingga akan banyak nilai-nilai dan kebudayaan asing yang masuk ke dalam bangsa Indonesia.

“Karena pelajaran 4 pilar sudah tidak lagi diajarkan di sekolah-sekolah, maka MPR RI merasa perlu untuk mengenalkan kembali pelajaran-pelajaran dahulu diajarakan melalui sosialisasi 4 pilar, seperti nilai-nilai luhur terkandung dalam undang-undang dasar,” ungkapnya.

Di sisi lain, Ahmad Abbarudin, Sekjen DPD KNPI Kabupaten Tangerang menambahkan, para peserta yang rata-rata pelajar tingkat SMA sederajat dari beberapa sekolah di Kabupaten Tangerang diharapkan dapat memaknai materi-materi yang akan diberikan oleh pembicara tentang materi 4 pilar yang akan disampaikan oleh anggota DPD RI.

“Semoga para pelajar dapat mengambil dan memahami apa saja manfaatnya mengenal 4 pilar kebangsaan,” pungkasnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here