Home Berita Diduga Malpraktek, RSUD Balaraja Berikan Klarifikasi

Diduga Malpraktek, RSUD Balaraja Berikan Klarifikasi

0

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja, Kabupaten Tangerang mengadakan konferensi pers terkait tudingan dugaan malpraktek terhadap pasien bernama Muhammad Memi (24), warga Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, Memi yang bekerja sebagai buruh di pabrik swasta di Kabupaten Tangerang mengeluhkan sakit pada bagian leher, lalu memeriksakan diri ke RSUD Balaraja. Setelah didiagnosa, Memi mangalami benjolan pada bagian leher diduga kelenjar getah bening dan disarankan untuk melakukan operasi.

Namun pasca operasi, sepekan kemudian, Memi bukannya mengalami baik pada dirinya malah harus kehilangan penglihatan pada matanya. Hal ini yang membuat dirinya mempertanyakan proses pelayanan pada RSUD Balaraja.

Menanggapi persoalan tersebut, Direktur RSUD Balaraja dr. Renita Erdis mengatakan, sesudah melakukan operasi pengangkatan kelenjar getah bening yang berada di leher pasien (Muhammad), pasien tidak datang kembali untuk melakukan medical cek up.

“Pihak kami juga sudah melakukan yang terbaik untuk pasien dan memberikan rujukan untuk menanggulangi penyakit pasien ke RSU Tangerang,” katanya, Kamis (1/9/2016).

Sementara, dr. Aldo, dokter ahli bedah menambah RSUD Balaraja langsung mengambil tindakan Ekstirpasi Biopsi, dengan tujuan untuk dilakukan pengangkatan seluruh atau hanya sebagian benjolan di pasien yang pertama kali dikeluhkan kelenjar getah bening.

“Di daerah leher ada banyak urat syaraf yang menuju kepala, maka itu kami biopsi terlebih dahulu dengan tujuannya mengambil sampel untuk diberikan ke lab dan setelah itu dilakukan pengangkatan benjolan tersebut,” pungkasnya.

Disebutkan juga oleh pihak RSUD Balaraja, dr. Meis Larissa Tanaka, pasien dioperasi pada tanggal 29 Desember 2015 dan kembali mengontrol kesehatan pada 8 Agustus 2016 lalu. Selama jenjang waktu tersebut, pasca operasi pasien hanya melakukan kontrol sekali pada tanggal 4 Januari 2016. “Seharusnya sesudah operasi pasien harus sering kontrol,” tutupnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here