Home Berita Sekda Klaim Serapan APBD Kabupaten Tangerang Sudah Capai 50 Persen

Sekda Klaim Serapan APBD Kabupaten Tangerang Sudah Capai 50 Persen

0

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang mengklaim penyerapan anggaran satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Tangerang terbilang optimal. Dibanding daerah lain pada triwulan kedua ini, pihaknya mampu menyerap sekitar 50 persen dari APBD 2016 lantaran tengah memaksimalkan pembangunan.

“Penyerapan anggaran tertinggi untuk tahun ini, yaitu Kantor Pemakaman Umum yaitu sekitar 80 persen (dari alokasi Kantor Pemakaman Umum yang disediakan dalqm APBD murni 2016). Sedangkan yang paling rendah yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang yaitu sekitar 49,12 persen dari anggaran yang terdapat di APBD murni tahun anggaran 2016,” beber Sekda Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsad.

Sementara untuk rata-rata penyerapan anggaran dari APBD tahun 2016 ini secara keseluruhan, ditegaskan Sekda, sudah mencapai sekitar 50 persen. Menurutnya angka tersebut sudah sangat tinggi bila dibandingkan dengan beberapa wilayah lain yang rata penyerapan anggaranya hanya mencapai 40 persen.

“Tingginya angka penyerapan anggaran tersebut, karena Pemda terus memonitor penyerapan anggaran melalui sistem online. Jadi setiap hari kita melakukan evaluasi terhadap pencapaian tiap SKPD secara realtime, dan saya pun langsung menanyakan kepada kepala dinasnya kenapa kalau ada yang belum dilakukan,” tegasnya.

Sekda menambahkan, untuk pencapaian pendapatan daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah mencapai 58,9 persen dari pendapatan yang ditargetkan dalam APBD murni tahun anggaran tahun 2016. “Saat ini kami sedang memaksimalkan SKPD-SKPD yang memberikan pendapatan daerah, sehingga harapannya pada akhir tahun anggaran dapat melebihi dari apa yang ditargetkan dalam APBD,” harapnya. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here