Home Berita Pasang Spiral Gencar Disosialisasi BKKBD Kabupaten Tangerang

Pasang Spiral Gencar Disosialisasi BKKBD Kabupaten Tangerang

0

Meningkatnya urbanisasi di Kabupaten Tangerang dan minimnya masyarakat menggunakan program keluarga berencana (KB) spiral disebut menjadi faktor membeludaknya penduduk. Hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Kabupaten Tangerang.

“Kita tak bisa melarang para pendatang yang ingin merantau untuk mencari pekerjaan di Kabupaten Tangerang. Saya juga sayangkan kepada para masyarakat yang memasang KB hanya menggunakan KB suntik,” ungkap Umami Ulfa, Kepala Bidang Pengendalian BKKBD saat ditemui tangerangonline.id.

Program pemerintah untuk KB sendiri adalah KB spiral. Namun pada relitasnya, masyarakat lebih memilih untuk menggunakan KB suntik, padahal KB spiral itu lebih tahan lama ketimbang KB suntik yang hanya 3 bulan saja.

“Kami terus menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan KB spiral, karena KB spiral membendung langsung sperma pria agar tidak bertemu sel telur wanita, sedangkan KB suntik hanya membendung dari luar saja,” lanjut Umami.

Umami menambahkan, untuk urbanisasi diperlukannya peran aktif juga dari pemerintah desa, jadi dibikin suatu persyaratan bagi para pendatang yang ingin merantau ke Kabupaten Tangerang, itu setidaknya mengurangi para pendatang ke Kabupaten Tangerang.

“Kalau kami melarang itu tidak mungkin, membataskan bagi para pendatang itu akan kami kaji lagi dengan dinas-dinas yang terkait, karena bukan hanya pengendalian penduduk saja, tapi banyak dinas juga yang bertugas dalam mendata dan menanggulangi pertambahan penduduk di Kabupaten Tangerang,” tegasnya.

Dia berharap semua program pemerintah dalam menanggulangi bertambahnya penduduk di Kabupaten Tangerang dapat diterima dan ditaati oleh masyarakat. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here