Home Berita LPA Kota Tangerang Soalkan Kinerja OPD Dalam Perlindungan Anak

LPA Kota Tangerang Soalkan Kinerja OPD Dalam Perlindungan Anak

1

Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Tangerang mempersoalkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangerang terkait kasus kekerasan anak di Kota Tangerang yang masih marak. Padahal kota dengan slogan Aklakhul Kharimah tersebut telah mencanangkan Kota Layak Anak untuk tahun 2016.

“Ada 31 poin dalam mendapatkan predikat kota yang layak anak. Namun, OPD terkait tidak memaksimalkan kinerjanya untuk menjadikan kota ini layak anak,” sesal Ketua LPA Kota Tangerang, Ahmad Muhaimin kepada tangerangonline.id saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN), Rabu (26/10/2016).

Diketahui, Kota Tangerang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2015 tentang perlindungan anak. Dikatakan Muhaimin, seharusnya perda tersebut dijalankan oleh OPD terkait agar Kota Tangerang dapat menjadi kota yang layak anak.

Menurutnya, Kota Tangerang yang saat ini sedang menggandang-gandangkan kota layak huni dan kota layak di kunjungi belum dapat dirasakan. Lantaran, masih terjadinya kasus kekerasan terhadap anak.

“Dinsos, Biro Kesra, BPMPKB dan TP2A yang seharusnya melakukan gerakan yang masif untuk menegakkan perda Kota Tangerang, ini malahan hanya mendata saja. Mereka, itu kan sudah dibiayai dengan APBD. Harus jalankan perda itu,” tegasnya.

Dirinya berharap, pemerintah harus dapat melakukan tindakan secara masif terhadap pelaku kekerasan anak. Lalu, LPA Kota Tangerang akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) di tingkat Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) se-Kota Tangerang.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi, agar kota ini tidak terulang kembali kasus kekerasan terhadap anak. Kami akan siapkan satgas, agar dapat memantau tindakan kekerasan anak ditingkatan paling rendah,” tandas Muhaimin. (Yip)

1 COMMENT

  1. Assalamu’alaikum.. Saya minta tolong mau tuker pendapet. Anak saya dah 2 kali di pukul dan di banting ke lantai
    Tapi 2 kali ini ama 2 anak pertama anak kls 4 B dan barusan karang kelas 4 A saya mohon bantuan dan pelindungan buat anak saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here