Home Home Cerita Misteri Di Balik Bendungan 10 Cisadane

Cerita Misteri Di Balik Bendungan 10 Cisadane

0

Bendungan pintu air 10 sungai Cisadane Kota Tangerang menyimpan banyak cerita misteri yang turut menjadi bumbu-bumbu perbincangan masyarakat sekitar. Bangunan yang menjadi salah satu icon Kota Tangerang tersebut masih terlihat kokoh walaupun usianya hampir satu abad.

Bendungan yang mengatur aliran air untuk wilayah Kabupaten Tangerang dan Jakarta tersebut dibangun oleh Belanda pada tahun 1927, lalu mulai digunakan pada tahun 1932. Diketahui, pada pembangunan bendungan tersebut telah banyak memakan korban jiwa.

Salah satu penjaga bendungan Pintu Air 10, Rano Mardiansyah menceritakan, banyak orang yang melintas di jembatan pintu air 10 atau sekitarnya, telah melihat sesosok putih sedang berdiri di tengah-tengah bendungan. Dikatakan Rano, pada malam dirinya suka menedegar suara-suara aneh seperti jeritan orang yang meminta tolong dan perempuan tertawa.

“Sering terjadi hal-hal aneh. Mungkin, karena kebanyakan mayat-mayat yang hilang saat hanyut di sungai Cisadane ini, pasti mayat itu ditemukan di bendungan ini. Bisa tersangkut atau hanya mengambang di sekitaran bendungan ini,” cerita Rano kepada tangerangonline.id saat ditemui, Rabu (26/10/2016).

Rano menjelaskan, di bendungan tersebut ada tiga makhluk gaib yang sering menampakan dirinya ketika dia sedang berjaga malam. Seperti kuntilanak, manusia tanpa kepala atau kepalanya saja. “Makhluk itu yang sering dilihat orang-orang saat melintas dan juga orang yang mancing pada malam hari pun suka melihatnya. Pintu air 10 ini bagi masyarakat setempat memiliki mitos. Mereka percaya adanya penunggu yang mendiami bendungan ini dibangun,” terang Rano.

Ritual yang sering dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat setempat ialah memotongan tiga sapi dewasa. Lalu, kepala sapi tersebut ditanamkan tak jauh dari pintu air 10. Kemudian, Tanah tersebut ditaburi kembang tujuh rupa. “Kalo daging sapinya mah dibagikan ke warga sekitar. Dan, pada malam harinya dilakukan pegajian dan syukuran” tambah Rano.

Walau begitu banyak misteri, bendungan pintu air 10 sungai cisadane merupakan salah satu icon Kota Tangerang. Lalu, banyak orang yang ingin menikah melakukan foto pra wedding dilokasi bendungan atau sekitar bendungan tersebut. (yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here