Home Berita Zona 3 Gedung Kembar Bintaro Diruntuhkan

Zona 3 Gedung Kembar Bintaro Diruntuhkan

0

Zona 3 gedung Bank Panin Bintaro atau gedung Kembar Bintaro yang terletak di Jalan Boulevard Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil diruntuhkan. Masih dengan sistem pembebanan, Zona tersebut berhasil runtuh dengan beban seberat 196,2 ton pasir pada saat cuaca hujan rintik- rintik pukul 02.48 WIB, Jumat (28/10/2016).

Gedung tersebut berhasil dirobohkan dalam waktu 8 detik setelah dilakukannya persiapan selama 6 hari. Persiapan perobohan zona 3 ini sudah dimulai sejak Sabtu (22/10/2016) dan pada Selasa (25/10/2016) malam pembebanan pun mulai dilakukan dengan target beban sebanyak 200 ton pasir. Meskipun dalam keadaan cuaca hujan, pembebananpun tetap dilakukan dan persiapan perubuhan zone 3 ini memakan waktu yang lebih lama dikarenakan wilayahnya cukup luas dan berhadapan langsung dengan permukiman warga Tegal Rotan.

“Untuk persiapan zona 3 ini memang cukup lama karenakan kita harus menggali tanah untuk membuat lingkaran di sekelilingnya kemudian pemindahan creinnya dan faktor cuaca yang sering hujan juga sangat berpengaruh selama proses persiapan dan pelaksanaan peruntuhan,” ujar Direktur Utama PT Wahana Infonusa, Yoyok Harisucahyo kepada tangerangonline.id, Sabtu (29/10/2016).

Tidak hanya itu, Yoyok juga sempat menceritakan kendalanya selama melakukan perobohan pada Zona 3 gedung tua tersebut. Ia menceritakan bahwa ketika sedang melakukan pembebanan, monitor sempat mati akibat cuaca yang sangat buruk.

“Pada saat kita melakukan pembeban hari Kamis (27/10/2016) Siang itu dalam keadaan hujan dan monitor pun terkena sambaran petir jadi kita hentikan sementara untuk memperbaiki monitor dan dilanjutkan lagi Kamis sorenya,” jelas Yoyok Harisucahyo.

Saat ini tinggal tersisa mahkota dari gedung yang dikenal sebagai kembarannya Bank Permata. Perobohan pada mahkota gedung tersebut masih dalam tahap persiapan dan akan dimulai minggu depan dengan sistem perobohan yang berbeda.

“Untuk saat ini kita masih dalam persiapan perobohan mahkota gedung dan kita akan memakai sistem yang berbeda karena mahkota ini merupakan bagian utama dari gedung itu,” tutur Yoyok. (tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here