Home Berita Tips Merawat Batik Ala Harni Batik BSD

Tips Merawat Batik Ala Harni Batik BSD

0
SHARE

Batik menjadi pakaian kebanggaan asli Indonesia dengan beragam pilihan corak dan bahan, seperti bahan katun, sutera, batik tulis yang dibuat secara manual tradisional hingga batik cetak dengan mesin. Perawatan yang baik diperlukan untuk menjaga keindahan dari sehelai kain batik. 

Harni Batik, salah satu butik batik asli Pekalongan yang berada di wilayah BSD, Serpong Kota Tangerang Selatan  berbagi tips tentang cara merawat batik yang baik dan benar. Bukan sekedar bahan pakaian, batik sarat akan nilai seni yang tinggi.

Untuk menjaga keindahan bahan dan motif, ada teknik khusus dalam mencuci batik. “Jangan mencuci batik dengan sabun yang memiliki kadar detergen yang tinggi, misalnya dengan sampo saja,” ucap Allin, salah seorang customer care Harni Batik kepada tangerangonlie.id, Minggu (30/10/2016).

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti menjaga warna pada batik, Allin juga menambahkan cara mencucinya dapat dengan menggunakan ektraksi berupa cairan dari buah lerak. “Lerak instan juga dapat dengan mudah kita beli di tempat tekstil atau toko batik,” ungkapnya.

Dikatakannya, batik berkualitas seperti batik tulis yang berbahan sutera mencapai harga hingga belasan juta rupiah. “Kaya yang tersedia di sini, ada setelan untuk pasangan bahan kain kita membandrol dua belas juta rupiah batik tulis dan bahan sutera,” imbuhnya. (Bar) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here