Home Berita Angkasa Pura II Klaim Pembangunan APMS Pangkas Kapasitas Parkir Bandara Soetta

Angkasa Pura II Klaim Pembangunan APMS Pangkas Kapasitas Parkir Bandara Soetta

0

Pembangunan Automated People Mover System (APMS) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memangkas kapasitas parkir kendaraan di Terminal 1 dan Terminal 2.

Mengantisipasi padatnya volume kendaraan yang memasuki area parkir di Terminal 1 maupun Terminal 2, PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soetta menyiagakan dan menambah petugas untuk mengatur lalu lintas.

“Kita siagakan petugas untuk mengatur Traffic di Terminal yang saat ini sedang ada pembangunan APMS,” kata Public Relation Manager AP II Yado Yarismano, saat dihubungi tangerangonline.id, Rabu (23/11/2016).

Tak hanya itu, pihaknya juga menambah kapasitas daya tampung parkir inap, untuk mengurangi kendaraan masuk ke area parkir Terminal. “Kita juga menambah kapasitas untuk parkir inap,” ujar Yado.

Menurut Yado, kedepannya akan ada pembangunan Integrated Building dan Transit Oriented Development (TOD) untuk menampung kendaraan di Bandara Soetta.

“Jadi terkait dengan itu (APMS), kita berencana membangun TOD juga di M1, salah satunya dan juga membangun Integrated Building, jadi parkiran kendaraan nantinya di Integrated Building tersebut,” imbuhnya.

Nantinya kata Yado, dengan adanya APMS yang terintegrasi dengan Stasiun Kereta Bandara, otomatis akan mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke Terminal.

“Setelah Kereta Bandara nantinya beroperasi, jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi tentunya berkurang. Dan menggunakan APMS tersebut untuk transit ke Terminal 1,2 atau 3,” ucapnya.

Saat ini pembangunan APMS masih dalam progres, tahap pertama diperkirakan akan selesai pada bulan April 2017 mendatang.

“APMS tahap pertama rencananya bulan April 2017, rencananya tahap pertama ini kita luncurkan baru satu trainset. Dan APMS ini rencananya akan beroperasi penuh pada bulan Juli 2017 dengan tiga trainset,” tandasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here