Home Agenda PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Resmikan Program Alfamart Class

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Resmikan Program Alfamart Class

0

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pengelola jaringan Alfamart dan Alfamidi) meresmikan program pendidikan ritel Alfamart Class. Kali ini berlangsung di SMK PGRI 1 Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Teteng Jumara yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Wahyudi Budi Saksono, program Alfamart Class ini bentuk inisiatif yang baik dari perusahaan swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Selain industri, masih banyak potensi bisnis yang bisa berkembang di Kabupaten Tangerang, dan potensi lulusan SMK di daerah ini cukup besar untuk mendukung perkembangan bisnis ini,” ucap Wahyudi dalam peresmian Alfamart Class di SMK PGRI 1 Balaraja, Kamis (15/12/2016).

Menurut dia, untuk menjadi tenaga kerja siap pakai masih dibutuhkan bimbingan dari pelaku bisnis agar siswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Peran serta pelaku bisnis sangat dibutuhkan untuk membantu lulusan SMK agar memiliki daya saing tinggi, terampil dan siap bekerja di dunia industri,” katanya.

Program Alfamart Class ini memfasilitasi para lulusan SMK, terutama yang memiliki minat di bidang ritel. Nantinya mereka dapat bekerja di jaringan Alfamart atau jika mereka ingin berbisnis ritel, mereka sudah dibekali ilmu yang memadai.

Branch Manager Alfamart Balaraja Yosef Risdianto menjelaskan, industri ritel membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah besar.

“Industri ritel adalah industri padat karya, sebab pelayanan yang diberikan dilakukan oleh manusia, bukan didominasi oleh mesin. Namun untuk menemukan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidak mudah. Alfamart Class ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM ini, serta mempersiapkan tenaga kerja siap pakai,” jelasnya.

Diharapkan, program ini mampu meningkatkan kualitas lulusan SMK. “Alfamart Class diharapkan mampu menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak. Di satu sisi kami membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kami juga mendapat tenaga kerja yang kompeten yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan,” tuturnya.

Selain meresmikan program ini, perusahaan juga meresmikan laboratorium praktik belajar siswa berupa toko Alfamart (business center) di SMK PGRI 1 Balaraja.

SMK PGRI 1 Balaraja ini merupakan SMK ke-132 secara nasional yang menerapakan program Alfamart Class. Ada 13 wilayah yang telah menerapkan program ini, yakni Jakarta, Banten, Plumbon, Bandung, Bogor, Semarang, Madiun, Malang, Banjarmasin, Makassar, Pekanbaru, Medan, serta Manado.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Balaraja Ramli Rosehan menyampaikan rasa terima kasih atas bentuk hibah yang telah diberikan oleh Alfamart kepada sekolah tersebut berupa Laboratorium Pengelolaan Ritel yang nantinya akan dikelola oleh siswanya.

“Kami berterima kasih atas bantuan berupa laboratorium tersebut semoga sangat bermanfaat bagi kami khususnya para siswa sehingga mampu bersaing setelah menyelesaikan sekolah,” tutupnya. (Yan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here